Hasil Riset ITB Pantai Selatan Berpotensi Tsunami, Makhluk Ini Jadi Pertanda Datangnya Tsunami!

- 29 September 2020, 12:50 WIB
14 wilayah ini dapat berpotensi tsunami. *
14 wilayah ini dapat berpotensi tsunami. * /Galih Nur Wicaksono/Pikiran Rakyat Bogor

Berita DIY - Belum lama ini Institut Teknologi Bandung (ITB) menyampaikan hasil riset yang menyita perhatian publik khususnya masyarakat yang tinggal di pesisir selatan Pulau Jawa.

Hasil riset tersebut menyebutkan bahwa sepanjang pantai selatan Jawa berpotensi akan terjadinya tsunami yang mencapai ketinggian 20 meter di sekitar pantai wilayah Jawa Barat dan 12 meter di pantai wilayah Jawa Timur.

Dilansir Berita DIY dari Pikiran-Rakyat, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengungkapkan apresiasi terhadap kajian yang dilakukan ITB.

Baca Juga: Prajurit Kostrad Ini Terjun Dari Pesawat Hercules dan Bertemu Ayah Kandung Saat Bertugas

"Adanya potensi gempa kuat di zona megathrust di selatan Pulau Jawa hasil kajian para ahli kebumian ITB yang dipublikasikan di jurnal ilmiah Nature baru-baru ini, diharapkan dapat mendorong kita semua untuk lebih memperhatikan upaya mitigasi bencana gempabumi dan tsunami." Ungkap Daryono dalam akun instagram pribadi miliknya @daryonobmkg pada Jumat, 25 September 2020.

Meski demikian, kapan waktu gempa dan tsunami itu akan datang tetaplah sulit diprediksi oleh lembaga-lembaga sains manapun.

Namun tahukah anda bahwa beberapa kemunculan makhluk-makhluk tertentu dapat menjadi prediksi akan datangnya bencana gampa dan tsunami, apa sajakah makhluk itu? simak penjelasan berikut:

Baca Juga: Lagu Genjer-Genjer Diklaim Sebagai Propaganda PKI, Bagaimana Kisah Lagu Ini ?

Baca Juga: Pertemuan Gratis Melalui Google Meet Akan Dibatasi Hanya 60 Menit, Berlaku Kapan?

Halaman:

Editor: Nia Sari

Sumber: Pikiran-Rakyat.com Zona Jakarta Jurnal Presesi Instagram.com/@daryonobmkg


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x