Cara Cek NOP PBB, Simak Cara Bayar Pajak dan Mengetahui Tagihan PBB Secara Online

- 18 Februari 2022, 19:05 WIB
Ini dia tata cara cek NOP PBB atau Nomor Objek Pajak. Simak pula cara bayar pajak bumi dan bangunan dan cara mengetahui tagihan via online.
Ini dia tata cara cek NOP PBB atau Nomor Objek Pajak. Simak pula cara bayar pajak bumi dan bangunan dan cara mengetahui tagihan via online. /PEXELS/pixabay

BERITA DIY - Ini dia tata cara cek NOP PBB atau Nomor Objek Pajak. Simak pula cara bayar pajak bumi dan bangunan, serta cara mengetahui tagihan via online.

Setiap kali Anda hendak membayar pajak, maka tentu Anda, sebagai seorang wajib pajak, harus menyerahkan identitas perpajakan berupa NOP.

Tak berbeda dengan kewajiban membayar pajak di bidang lain, pajak PBB atau Pajak Bumi dan Bangunan juga membutuhkan NOP untuk identitas.

Baca Juga: Cara Menghitung Denda jika Telat Bayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Simulasi Perhitungannya

Untuk PBB, setiap wajib pajak akan mendapatkan identitas dari setiap bidang tanah atau bangunan yang dimilikinya. Dengan begitu, fungsi NOP mirip dengan fungsi TNKB pada kendaraan bermotor.

NOP PBB ini wajib diinput melalui sistem pembayaran pajak online atau dibawa ke kantor pajak setiap kali wajib pajak hendak membayar pajak secara offline.

Namun, sayangnya tak semua orang bisa mengetahui NOP PBB dari objek pajak yang dimilikinya. Nah, karena itu, cara untuk mengecek NOP PBB sangatlah berguna.

Baca Juga: Cara Cek Pajak Motor dan Mobil Online, Bisa Lewat SMS dan E-Samsat

Sementara ini, khusus untuk warga DKI Jakarta, pengecekan NOP PBB bisa dilakukan via online dengan mengakses website resmi BPRD Jakarta, bprd.jakarta.go.id.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah