Tanggal 2 Februari 2022 Diperingati Hari Apa? Ada Sejarah Hari Lahan Basah Sedunia dan Tema Tahun Ini

- 1 Februari 2022, 18:30 WIB
Ilustrasi - Simak sejarah dan tema peringatan Hari Lahan Basan Sedunia tanggal 2 Februari 2022.
Ilustrasi - Simak sejarah dan tema peringatan Hari Lahan Basan Sedunia tanggal 2 Februari 2022. /PEXELS/lucian-petrean-1716046

BERITA DIY - Simak sejarah Hari Lahan Basah Sedunia yang diperingati pada hari Rabu, tanggal 2 Ferbuari 2022 beserta tema tahun ini.

Meskipun tanggal 2 Februari 2022 bukanlah tanggal merah atau hari libur Nasional namun ternyata ada peringatan Hari Lahan Basah Sedunia atau dalam bahasa Inggris 'World Wetlands Day".

Adapun sejarah Hari Lahan Basah Sedunia yang jatuh pada tanggal 2 Februari 2022 ternyata berawal dari tahun 1971 ketika para pecinta lingkungan menegaskan kembali perlindungan lahan basah yang semakin rentan.

Baca Juga: Tanggal 1 Februari 2022 Hari Apa? Simak Sejarah Imlek, Tradisi, Arti dan Peruntungan Shio Macan

Kehadiran lahan basah sendiri memiliki fungsi yang beragam bagi kelangsungan maklhluk hidup dan keanakeragaman hayati.

Tak hanya kelimpahan organisme yang hiduo di dalam air namun juga lingkungan di sekitar dan keseluruhan agar alam tetap lestari.

Peringatan Hari Lahan Basah Sedunia pertama kali dikukuhkan melalui Konvensi Lahan Basah di Kota Ramsar, Iran yang terletak di tepi Laut Kaspia pada 2 Februari 1971, meskipun seremonial tidak dilakukan hingga tahun 1997.

Baca Juga: Tanggal 30 Januari 2022 Hari Apa? Simak Sejarah Hari Croissant hingga Resep dan Cara Buat Croissant Isi Coklat

Pada akhirnya, penetapan tema dalam rangka Hari Lahan Basah Sedunia pertama kali ditetapkan pada tahun 1997 bertajuk "WWD celebrated for the first time".

Hingga saat ini, momen diperingati pada hari kedua di bulan Februari setiap tahun. Hal ini berfungsi untuk lebih menyadarkan orang-orang akan pentngnya lahan basah untuk kehidupan di masa depan.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x