Profil Negara Suriname: Berapa Jumlah Penduduk dan Mengapa Banyak Orang Jawa Tinggal di Sana

- 31 Januari 2024, 16:10 WIB
Profil negara Suriname meliputi jumlah penduduk dan mengapa banyak orang Jawa yang tinggal di sana.
Profil negara Suriname meliputi jumlah penduduk dan mengapa banyak orang Jawa yang tinggal di sana. /Instagram.com/@suforyou_suriname

BERITA DIY - Profil negara Suriname meliputi luas dan jumlah penduduk, peta negara, nama presiden, hingga agama mayoritas banyak dicari masyarakat.

Suriname merupakan sebuah negara yang terletak di kawasan Amerika Latin. Negara ini cukup dekat dengan Indonesia karena banyak orang keturunan Jawa yang tinggal di sana.

Bukan hanya itu masyarakat keturunan Jawa di Suriname pun masih memegang teguh adat istiadat seperti fasih berbhasa Jawa dan menggunakan nama-nama khas.

Agar tidak menjadi penasaran berikut profin negara Suriname berserta informasi yang perlu Anda ketahui akan diulas di artikel ini selengkapnya.

Baca Juga: Apa Arti Pandemic Treaty WHO Diungkapkan Komjen Pol Dharma Pongrekun di Podcast dr Richard Lee

Luas & Jumlah Penduduk

Suriname berbatasan dengan Samudera Atlantik di sebelah utara, Guyana Prancis di sebelah timur, Brazil di sebalah selatan, dan Guyana di sebelah barat. Negara ini memiliki luas 15.600 km persegi dengan jumlah penduduk mencapai 500 ribu jiwa.

Penduduk Suriname terbagi ke dalam beberapa kelompok besar, yakni etnis Creole, India Timur, Jawa, dan Maroon. Keberagamam etnis Suriname tidak terlepas dari penjajahan di masa lampau.

Bahasa utama di negara Suriname adalah bahasa Belanda namun sebagai besar masyarakat juga menggunakan bahasa Jawa atau bahsa etnis asli untuk berdialok.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x