Tanggal 27 Januari 2022 Hari Apa? Ternyata Ada Sejarah Hari Kue Cokelat Nasional, Simak Resep dan Cara Buat

- 26 Januari 2022, 20:46 WIB
Ilustrasi - Hari Kue Cokelat Nasional yang diperingati tanggal 27 Januari 2022.
Ilustrasi - Hari Kue Cokelat Nasional yang diperingati tanggal 27 Januari 2022. /PEXELS/marta-dzedyshko-1042863

BERITA DIY - Simak sejarah Hari Kue Cokelat Nasional yang diperingati hari Kamis, tanggal 27 Januari 2022 beserta resep dan cara buat.

Hari Kamis tanggal 27 Januari 2022 diperingati sebagai Hari Kue Cokelat Nasional. Ternyata, peringatan tersebut berawal dari sejarah ratusan tahun yang lalu.

Dikutip dari Days of the Year, sejarah Hari Kue Cokelat Nasional yang saat ini diperingati tanggal 27 Januari 2022 sudah ada sejak 150 tahun lampau, di mana pertama kali diperkenalkan tahun 1764.

Baca Juga: Tanggal 26 Januari 2022 Hari Apa? Ada Sejarah Hari Pasangan Nasional dan Cara Merayakan

Ketika itu, seorang pria bernama Conrad Van Houten menemukan metode bagaimana mengekesktrasi lemak dari cairan kakao untuk menghasilkan mentega kakao. Hal inilah yang membuat cokelat cukup terjangkau dan menjadi bahan pembuatan kue.

Perkembangan pembuatan kue coklat pun terus menghasilkan beragam jenis baru di seluruh dunia, seperti contohnya yang paling populer kue blackforest yang lekat dengan kehadiran ceri di atasnya.

Orang zaman dahulu tidak mengonsumsi coklat sebagai camilan padat seperti manusia sekarang ini. Pada pertengahan abad ke-19 orang suka membuat coklat dicampur dengan air sebagai minuman tanpa pemanis.

Baca Juga: Tanggal 24 Januari 2022 Hari Apa? Ada Sejarah Hari Tertawa Perut Sedunia Berikut Manfaat Kesehatan

Sementara resep pertama kue cokelat yang berhasil terekam berasal dari buku masak karya Eliza Leslie tahun 1847. Resep itu memodifikasi potongan-potongan kecil coklat leleh di bagian tengah kue, sehingga menghasilkan sensasi lelehan cokelat ketika digigit.

Seiring berjalannya waktu, para penulis dan juru masak mengembagkan resep kue coklat seperti yang dikenal saat ini, contohnya muncul roti dengan isian coklat, kue coklat basah maupun kering, dan sebagainya.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x