Tanggal 30 Januari 2022 Hari Apa? Simak Sejarah Hari Croissant hingga Resep dan Cara Buat Croissant Isi Coklat

- 29 Januari 2022, 21:06 WIB
ILUSTRASI - Hari Croissant Nasional tanggal 30 Januari 2022, ini resep dan cara buat kue croissant isi coklat.
ILUSTRASI - Hari Croissant Nasional tanggal 30 Januari 2022, ini resep dan cara buat kue croissant isi coklat. /PIXABAY/bhakti0210

BERITA DIY - Simak sejarah Hari Croissant Nasional yang diperingati tanggal 30 Januari 2022 beserta resep dan cara buat roti yang sebenarnya berasal dari Austria itu.

Croissant tak hanya sekadar roti yang ditemukan di toko kue, cafe, dan restoran. Ternyata, makanan yang tampak seperti bulan sabit ini memiliki sejarah yang dirayakan setiap tanggal 30 Januari.

Dikutip dari Days of the Year, sejarah Hari Croissant Nasional yang jatuh pada hari Minggu, 30 Januari 2022 konon katanya berawal dari Kekaisaran Turki yang mengepung kota Wina, Austria di Eropa Tengah pada tahun 1683.

Baca Juga: Resep Kaloci Jajan Pasar Khas Pontianak yang Mudah, Cepat, dan Tentunya Nikmat

Upaya Turki untuk menaklukkan kota Wina dengan paksa berbuah nihil meskipun mencoba berbagai macam cara. Hingga akhirnya bala tentara memiliki rencana untuk menyerang kota dari terowongan bawah tanah.

Para pembuat roti di kota Wina bekerja di gudang bawah tanah kota. Mereka mendengar suara penggalian dari lawan sehingga segera mengingatkan tentara kota untuk waspada.

Atas jasanya, para pembuat roti di kota Wina menerima penghargaan tinggi dalam mengecoh orang Turki.

Baca Juga: Resep Kue Mochi Kekinian, Bisa Kenyal di Luar, Lumer di Dalam, Isi Coklat, Keju, hingga Green Tea

Dalam perayaan, mereka memanggang roti dalam bentuk bulan sabit, yang merupakan simbol Kekaisaran Ottoman. Sejak saat itu, croissant pun menjadi hidangan pagi yang kerap disajikan dengan secangkir kopi.

Banyak orang yang mengira bahwa croissant berasal dari Prancis. Faktanya, camilan itu telah ada di Austria sebelum menyebar ke Prancis.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x