Tanggal 1 Februari 2022 Hari Apa? Simak Sejarah Imlek, Tradisi, Arti dan Peruntungan Shio Macan

- 31 Januari 2022, 20:59 WIB
Simak sejarah dan tradisi Tahun Baru Imlek tanggal 1 Februari 2022 beserta arti dan peruntungan Shio Macan.
Simak sejarah dan tradisi Tahun Baru Imlek tanggal 1 Februari 2022 beserta arti dan peruntungan Shio Macan. /Tangkap layar twibbonize.com/ Irawan Dwipadatu

BERITA DIY - Simak sejarah dan tradisi Hari Raya Imlek yang jatuh pada tanggal 1 Februari 2022 beserta arti hingga peruntungan Shio Macan tahun ini.

Hari Raya Imlek ditetapkan hari Selasa, tanggal 1 Februari 2022. Peringatan yang identik dengan warga merah ini dirayakan khususnya untuk penduduk keturunan Tionghoa. 

Namun ada sejarah menarik tersendiri di balik Hari Raya Imlek. Terlebih tahun baru bagi masyarakat Tionghoa ini juga ditandai dengan pergantian Shio. Adapun tahun 2022, Shio dilambangkan dengan hewan Macan yang memiliki arti dan peruntungan tersendiri.

Baca Juga: Sinopsis Film Spesial Imlek 'IP Man 4: The Finale' Link Nonton dan Tayang di TV Mana?

Tahun Baru Imlek yang juga dikenal dengan Chinesse Lunar New Year, merupakan festival tahunan selama 15 hari di Tiongkok dan komunitas Tionghoa di seluruh dunia.

Adapun sejarah Tahun Baru Imlek ini penuh dengan legenda yang beredar di masyarakat Tionghoa. Salah satunya adalah kemunculan monster bernama 'Nian' ribuan tahun lalu.

Menurut legenda dikutip dari Brtitannica, Nian akan menyerang penduduk desa pada awal setiap tahun baru. Kelemahan monster adalah takut dengan suara keras, cahaya terang, dan warna merah.

Baca Juga: Mengapa Imlek Selalu Turun Hujan? Ini Alasan dan Prakiraan Cuaca BMKG 1 Februari 2022 di 32 Kota

Jadi warga percaya bahwa batang-barang terang terutama warna merah digunakan untuk mengusir Nian. Tradisi juga menandakan pergantian tahun yang seringkali diramaikan dengan petasan, kembang api, dan pakaian serta dekorasi warna merah.

Anak-anak diberi uang dalam amplop merah berwarna-warni yang disebut dengan angpau saat Tahun Baru Imlek. Selain itu tradisi juga dirayakan untuk menghormati anggota keluarga yang telah meninggal.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah