Mengapa Imlek Selalu Turun Hujan? Ini Alasan dan Prakiraan Cuaca BMKG 1 Februari 2022 di 32 Kota

- 31 Januari 2022, 18:51 WIB
Ilustrasi Hari Raya Imlek tanggal 1 Februari 2022 turun hujan.
Ilustrasi Hari Raya Imlek tanggal 1 Februari 2022 turun hujan. /PEXELS/vi-n-dong-1637119

BERITA DIY - Simak mengapa Hari Imlak selalu diidentikkan dengan turun hujan beserta alasan dan prakiraan cuaca BMKG tanggal 1 Februari 2022 di 32 Kota di Indonesia.

Hari Raya Imlek jatuh pada hari Selasa, 1 Februari 2022. Kebanyakan masyarakat Indonesia memang menganggap Tahun Baru bagi masyarakat keturunan Tionghoa tersebut selalu turun hujan.

Simbol turun hujan ketika Hari Raya Imlek memiliki arti pembawa berkah. Namun ada penjelasan ilmiah tersendiri dari BMKG. Badan pemerintah tersebut juga mengeluarkan prediksi prakiraan cuaca di 34 Kota di Indonesia.

Baca Juga: Sinopsis Film Spesial Imlek 'IP Man 4: The Finale' Link Nonton dan Tayang di TV Mana?

Terlepas dari kepercayaan masyarakat, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Hari Raya Imlek yang sering jatuh pada bulan Januari atau Februari memang merupakan puncak musim hujan yang tinggi di Tanah Air.

Yan Firdaus selaku Forecaster Stasiun Geofisika Kota Bandung menjelaskan bahwa bulan Februari yang bertepatan dengan Hari Raya Imlek tahun 2022 memang secara kebetulan saat terjadinya musim hijan atau curah hujan tinggi.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada karena perubahan cuaca bisa terjadi dengan sangat cepat dari cerah ke mendung dan kemudian angin kencang serta sebagainya.

Baca Juga: Cara Melihat Daftar Tersedia dan Pesan Tiket Kereta Api Ekonomi hingga Eksekutif, Ada Promo Jelang Imlek

"Jika terjadi awan mendung atau angin mulai terasa kencang, masyarakat diharapkan langsung mencari perlindungan," kata Yan, dikutip dari wbesite bandung.go.id, Jumat, 28 Januari 2022.

Prediksi prakiraan cuaca di 32 Kota di Indonesia tanggal 1 Februari 2022

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah