Cek Status Pencairan Bansos BST Kemensos Rp300 Ribu Bulan Juni 2021, Pakai eKTP dan HP Akses Link Ini

- 22 Juni 2021, 09:30 WIB
Ilustrasi dana Bansos BST Kemensos Rp300 ribu bulan Juni 2021 yang cair di kantor pos, KPM dapat lakukan cek status pencairan bansos di cekbansos.kemensos.go.id pakai eKTP dan HP.
Ilustrasi dana Bansos BST Kemensos Rp300 ribu bulan Juni 2021 yang cair di kantor pos, KPM dapat lakukan cek status pencairan bansos di cekbansos.kemensos.go.id pakai eKTP dan HP. /Unsplash/Mufid Majnun.

BERITA DIY - Cek status Bansos BST Kemensos Rp300 ribu bulan Juni 2021 sudah cair atau belum di cekbansos.kemensos.go.id. Cara cek status pencairan Bansos BST online cukup mudah yakni dengan menyiapkan eKTP dan HP.

Bansos BST Kemensos Rp300 ribu disasarkan untuk 10 juta KPM yang terdata di database Kemensos. Database Kemensos dapat diketahui dengan cara melakukan cek online dengan memasukkan alamat dan nama lenkap Keluarga Penerima Manfaat atau KPM.

Setelah melakukan cek, sistem akan melakukan pencarian data dan menampilkan daftar penerima bansos yang disalurkan Kemensos termasuk bansos BST, PKH, BPNT, dan lainnya. KPM dipersilahkan melakukan cek di kolom bansos BST untuk memastikan status pencairan.

Baca Juga: Bansos BST Kemensos Rp300 Ribu Cair Bulan Juni 2021? Modal HP dan eKTP Cek di cekbansos.kemensos.go.id

Bansos BST dijadwalkan cair di bulan Juni 2021 setelah proses penyaluran bulan Mei terlaksana dan diterima KPM. Sebagaimana diketahui, Bansos BST Kemensos Rp300 ribu bulan Mei mengalami keterlambatan pencairan.

KPM penerima Bansos BST Kemensos Rp300 ribu diprediksi akan menerima bantuan Rp600 ribu pada bulan ini apabila bansos bulan Juni 2021 disalurkan sesuai jadwal. Proses pencairan dana Bansos BST dapat dipantau melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.

Berikut ini adalah cara melakukan cek status pencairan Bansos BST Kemensos Rp300 ribu bulan Juni 2021 di laman cek bansos:

Baca Juga: Bansos BST Kemensos Rp300 Ribu Akan Cair Juni 2021? Non KPM Bisa Lapor agar Dapat Bantuan Disini

  1. Buka web browser atau google melalui HP.
  2. Kunjungi laman website cekbansos.kemensos.go.id.
  3. Pilih Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa sesuai alamat di eKTP.
  4. Masukkan nama lengkap sesuai eKTP.
  5. Masukan 8 huruf kode yang tertera dalam kotak kode.
  6. Apabila kode sulit atau salah memasukkan kode, KPM dapat meminta kode verifikasi baru.
  7. Klik tombol CARI DATA.
  8. Apabila terjadi error segarkan halaman atau lakukan pengecekan secara ulang.

Melalui laman cekbansos.kemensos.go.id, KPM dapat secara berkala memantau proses pencairan Bansos BST Kemensos Rp300 ribu. Setelah Bansos BST Kemensos Rp300 ribu dinyatakan cair, KPM hanya perlu menunggu undangan dari pemerintah desa untuk pencairan bantuan.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x