9 Olahraga Ringan untuk Jaga Gula Darah Penderita Diabetes Tipe 2, Salah Satunya Berjalan Kaki

- 8 Februari 2022, 14:05 WIB
Ilustrasi jalan kaki. 9 olahraga ringan untuk menjaga kadar gula darah penderita diabetes tipe 2, lakukan secara rutin dan dapatkan manfaatnya.
Ilustrasi jalan kaki. 9 olahraga ringan untuk menjaga kadar gula darah penderita diabetes tipe 2, lakukan secara rutin dan dapatkan manfaatnya. /Pixabay.com/MabelAmber

BERITA DIY - Sembilan olahraga ringan berikut ini dapat menjaga kadar gula darah bagi Anda yang penderita diabetes tipe 2. Anda dapat melakukan olahraga ringan mulai dari jalan kaki, berenang, yoga, dan lain sebagainya.

Olahraga juga dapat membantu untuk menjaga berat badan Anda dan mengurangi resiko komplikasi, seperti serangan jantung, stroke, dan mengurangi faktor risiko kardiovaskular.

Selain dapat meningkatkan kesehatan penderita diabetes tipe 2, olahraga ringan juga dapat mencegah perkembangan penyakit diabetes bagi orang yang memiliki gejala diabetes.

Baca Juga: 10 Tips dan Cara Mengatasi Insomnia agar Tidur Lebih Cepat dan Berkualitas Menurut Ahli

Manfaat olahraga tidak bergantung pada penurunan berat badan, namun dengan olahraga secara rutin dan konsisten Anda untuk melihat hasil yang tahan lama.

Jika Anda masih ragu untuk memulai program olahraga, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Melalui konsultasi, Anda dapat memastikan adakah larangan atau pantangan yang harus Anda hindari saat berolahraga.

Berikut adalah sembilan olahraga ringan yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan Anda:

1. Berjalan kaki

Olahraga satu ini merupakan olahraga paling mudah dan murah. Anda tidak memerlukan peralatan dan Anda dapat melakukannya kapan saja.
Untuk mendapatkan hasilnya, setidaknya Anda harus berjalan 30 menit per hari selama lima hari per minggu. Menurut penelitian, berjalan kaki dapat menurunkan kadar gula darah dan berat badan pada penderita diabetes tipe 2.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x