Sejarah Hari Olahraga Nasional atau Haornas, 9 September 2021: Memperingati Pembukaan PON I di Indonesia

- 9 September 2021, 10:45 WIB
Ilustrasi Pekan Olahraga Nasional atau Haornas yang diperingati pada 9 September 2021.
Ilustrasi Pekan Olahraga Nasional atau Haornas yang diperingati pada 9 September 2021. /Pixabay/maxmann

BERITA DIY - Hari olahraga Nasional (Haornas) diperingati pada tanggal 9 September setiap tahunnya. Haornas 2021 mengangkat tema Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju.

Hornas merupakan hari diperingatinya pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) I yang pertama kali diselenggarakan pada 9-12 September 1948 untuk membuktikan pada dunia bahwa Indonesia sebagai negara kecil waktu itu mampu menyelenggarakan ajang olahraga besar tingkat nasional

Sejarah Haornas, 9 September 2021 akan diulas dalam artikel ini. Simak kisah sejarah asal mula diperingatinya Hari Olahraga Nasional di Indonesia.

Baca Juga: Hari Palang Merah Indonesia Diperingati 3 September 2021: Sejarah, Visi dan 7 Prinsip Gerakan PMI

Pada tahun 1948, Indonesia yang baru tiga tahun merdeka tidak diizinkan untuk mengikuti kompetisi olahraga dunia Olimpiade XIV/1948 di London, Inggris. Hal itu dikarenakan umur kemerdekaan Indonesia yang masih belia dan belum diakui sepenuhnya oleh negara dunia.

Indonesia dapat mengikuti perhelatan olahraga dunia di Inggris pada 1948 dengan syarat para atlet hanya dapat menggunakan paspor Belanda. Paspor Indonesia mendapatkan penolakan untuk berada di Inggris.

Ketugahan Presiden Soekarno dalam membuktikan Indonesia di mata dunia membuatnya menolak mentah-mentah persyaratan yang diajukan penyelenggara Olimpiade XIV/1948 di Inggris.

Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) memutuskan untuk menyelenggarakan kompetisi olahraga nasional yang diberi nama Pekan Olahraga Nasional (PON) I pada 9-12 September 1948 di Solo, Jawa Tengah.

Baca Juga: Sejarah Hari Polwan Nasional ke-73, 1 September 2021: Peran Wanita dalam Bidang Pertahanan dan Keamanan

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x