8 Manfaat Olahraga Basket untuk Kesehatan Fisik dan Mental: Baik untuk Jantung dan Menurunkan Stres

- 9 September 2021, 14:38 WIB
ILUSTRASI - Olahraga Bola Basket dan manfaatnya untuk kesehatan fisik dan mental.
ILUSTRASI - Olahraga Bola Basket dan manfaatnya untuk kesehatan fisik dan mental. /PIXABAY/Patricaaaaaaa

BERITA DIY – Basket adalah salah satu olahraga populer di dunia yang menyenangkan dan  dapat dilakukan oleh seluruh tingkat keterampilan dan usia. Olahraga ini juga memiliki banyak manfaat, simak manfaat lengkap olahraga basket bagi kesehatan fisik dan mental berikut ini.

Basket merupakan olahraga permain tim yang setip timnya terdiri dari lima pemain. Namun olahraga ini  juga dapat dimainkan dengan game dua lawan dua atau tiga lawan tigaatau bahkan sendiri. Dengan lapangan dalam ruangan, Anda dapat bermain bola basket sepanjang tahun.

Olahraga permainan bola basket ini juga dapat dilakukan di lapangan indoor maupun outdoor. Tujuan utama dari permainan ini adalah untuk mencetak poin dengan menembak bola melalui ring.

Baca Juga: Sejarah Hari Olahraga Nasional atau Haornas, 9 September 2021: Memperingati Pembukaan PON I di Indonesia

Olahraga bola basket rupanya memiliki banyak manfaat fisik, emosional, dan sosial serta dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan tubuh secara keseluruhan.

Berikut adalah delapan manfaat bermain olahraga bola basket selengkapnya yang telah dirangkum BERITA DIY dari Healthline.

1. Memperkuat daya tahan otot

Bermain bola basket membutuhkan kelincahan, kekuatan, stamina dan daya tahan otot. Pemain basket harus bergerak dan mengubah arah dengan cepat menggunakan kontraksi otot berintensitas tinggi dan berdurasi pendek.

Dengan melakukan olahraga basket, pemain dapat meningkatkan daya tahan otot dan melakukan latihan untuk membangun kekuatan tubuh bagian bawah dan atas. Olaharaga basket memiliki efek positif pada stamina, energi, level, dan kinerja tubuh.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x