Perbandingan Kekuatan Senjata Rusia dan Ukraina? Berikut Jumlah Pasukan, Senjata, serta Pesawat Tempur

- 25 Februari 2022, 16:19 WIB
ilustrasi berikut perbandingan kekuatan Rusia dan Ukraina baik dari jumlah pasukan, senjata, tank, maupun pesawat tempur yang dimiliki kedua negara.
ilustrasi berikut perbandingan kekuatan Rusia dan Ukraina baik dari jumlah pasukan, senjata, tank, maupun pesawat tempur yang dimiliki kedua negara. /PEXELS/russia_volgograd

BERITA DIY – Pasca Presiden Vladimir Putin mengumumkan operasi militer ke Ukraina pada 24 Februari 2022, banyak bertanya mengenai berapa kekuatan Rusia dan Ukraina? Berikut perbandingan antara jumlah pasukan, senjata, serta pesawat tempur yang dimiliki kedua negara.

Dilansir dari Reuters, dalam jumlah kuantitas, jelas Ukraina mengalami kekalahan dalam jumlah, tetapi dalam strategi dan taktik, Ukraina diprediksi mampu melakukan perlawanan signifikan meskipun menimbulkan banyak korban dan kehilangan materi.

Terlebih pasca tahun 2014 perebutan Semenanjung Krimea oleh Rusia dari tangan Ukraina menjadi pelajaran yang cukup berharga dalam menghadapi perang. Tidak hanya itu, Ukraina bisa belajar banyak mengenai taktik maupun strategi dalam melawan Rusia.

Baca Juga: Dampak Perang Rusia - Ukraina bagi Indonesia dan Dunia, Bagaimana Nasib WNI di Ukraina?

Tetapi melihat jumlah, perang antara Rusia dan Ukraina seperti pasukan Sparta yang menghadapi jutaan tentara Persia. Dikutip dari Reuters, menyebutkan bahwa pasukan Ukraina yang aktif 200 ribu dan 900 ribu tentara cadangan.

Berbeda dengan Rusia, yang memiliki kekuatan pasukan tentara aktif sebanyak 900 ribu dan pasukan cadangan sebanyak 2.000 tentara.

Pasukan cadangan Ukraina maupun Rusia merupakan pasukan yang sudah pernah ikut wajib militer dalam lima tahun terakhir.

Sedangkan dalam jumlah senjata, aritmatika terlihat suram untuk Ukraina. Setidaknya ada 1,5 ribu pesawat tempur yang dimiliki Rusia. Sedangkan jumlah pesawat tempur Ukraina hanya kurang dari 10 persen miliki Rusia, sekitar 98-an pesawat tempur yang aktif.

Baca Juga: Dampak Perang Rusia-Ukraina Terhadap Pasar Modal Bagi Indonesia: Apa Kabar IHSG?

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x