Kenapa Rusia Menyerang Ukraina hingga Pangkalan Udara Donbass Dihancurkan? Ini Penyebab Perang Rusia - Ukraina

- 24 Februari 2022, 14:26 WIB
Alasan kenapa Rusia menyerang Ukraina hingga Pangkalan Udara Donbas dihancurkan. Berikut penyebab perang antara Rusia dengan Ukraina.
Alasan kenapa Rusia menyerang Ukraina hingga Pangkalan Udara Donbas dihancurkan. Berikut penyebab perang antara Rusia dengan Ukraina. /ALEXANDER ERMOCHENKO/REUTERS

BERITA DIY - Simak alasan kenapa Rusia menyerang Ukraina hingga Pangkalan Udara Donbas dihancurkan. Berikut penyebab perang antara Rusia dengan Ukraina.

Seperti diketahui pada hari ini, Kamis, 24 Februari 2022, Rusia mengeklaim telah menghancurkan sejumlah pangkalan udara Ukraina beserta sistem pertahanannya.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengaku telah mengizinkan operasi militer khusus pasukan bersenjatanya di wilayah Donbass Ukraina pada Kamis dini hari.

Baca Juga: Imbas Serangan Rusia ke Ukraina Terhadap Harga Dolar dan Emas, Ini Reaksi Presiden Amerika Joe Biden

Presiden Putin pun mengatakan kepada militer Ukraina agar mereka menjatuhkan senjata dan pulang ke rumah. Hal itu diungkapkan dalam pidato khusus yang disiarkan stasiun TV Rusia.

Putin mengatakan Rusia tidak mempunyai pilihan selain membentengi diri terhadap apa yang disebutnya sebagai ancaman dari Ukraina modern. Belum diketahui pasti bagaimana cakupan operasi militer Rusia.

Putin menegaskan Rusia akan langsung merespons jika ada pasukan asing yang berupaya menghalangi aksinya. Dia juga mengatakan bahwa Moskow akan berusaha melakukan de-militerisasi dan 'de-Nazi-fikasi' Ukraina.

Baca Juga: Fakta-Fakta Negara Ukraina yang Konflik dengan Rusia: Luas Wilayah, Bahasa, Presiden hingga Jumlah Penduduk

Pernyataan Putin itu muncul setelah Amerika Serikat mengungkapkan bahwa Rusia telah menempatkan hampir 150.000 tentara di dekat Ukraina dan setelah kelompok separatis pro-Rusia meminta bantuan militer kepadanya untuk menghadapi apa yang mereka sebut sebagai agresi Ukraina yang semakin berkembang.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x