Tanggal 17 November 2021 Memperingati Hari Apa? Simak Sejarah Hari Pelajar Internasional, Berawal dari Nazi?

- 16 November 2021, 17:28 WIB
ILUSTRASI - Simak sejarah Hari Pelajar Internasional yang jatuh pada tanggal 17 November 2021.
ILUSTRASI - Simak sejarah Hari Pelajar Internasional yang jatuh pada tanggal 17 November 2021. /PEXELS/kampus

BERITA DIY - Simak sejarah Hari Pelajar Internasional yang jatuh pada hari Rabu, tanggal 17 November 2021, di mana ada kaitannya dengan penyerangan pasukan Nazi ketika itu.

Hari Pelajar Internasional merupakan peringatan sedunia dari komunitas mahasiswa yang dirayakan setiap tanggal 17 November. Pada tahun 2021 ini, momen jatuh pada hari Rabu.

Adapun sejarah Hari Pelajar Internasional diawali pada serbuan Nazi pada tahun 1939 ke Universitas di Praha, Ceko. Ada ribuan mahasiswa yang dikirim ke kamp, beberapa di antaranya hanya tinggal nama.

Baca Juga: 16 November 2021 Memperingati Hari Apa? Simak Sejarah Hari Toleransi Sedunia dan Tema Tahun Ini

Penculikan kepada pelajar Universitas menyusul aksi demostrasi yang menentang pendudukan Jerman di Ceko. Kegiatan protes dilakukan oleh para mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Charles.

Aksi unjuk rasa itu dilakukan pada tanggal 28 Oktober di mana tepat pada hari ulang tahun kemerdekaan Republik Ceko (1918).

Runtutan kejadian menewaskan seorang mahasiswa bernama Jan Opletal yang tertembak dan mengalami luka-luka hingga meninggal dunia.

Baca Juga: Tanggal 11 November 2021 Memperingati Hari Apa? Simak Sejarah Hari Jomblo Sedunia hingga Lahirnya Harbolnas

Sebagai bentuk penghormatan, ribuan mahasiswa mengantar jenazahnya hingga ke pemakaman. Pada akhirnya, perkumpulan pelayat bertransformasi menjadi demonstrasi anti-Nazi.

Tak tinggal diam, otoritas Nazi mengambil tindakan yang drastis. Lebih dari itu, pihak Nazi menutup seluruh Universitas dan Perguruan Tinggi di Kota Ceko.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x