16 November 2021 Memperingati Hari Apa? Simak Sejarah Hari Toleransi Sedunia dan Tema Tahun Ini

- 15 November 2021, 19:14 WIB
ILUSTRASI - Simak sejarah dan tema peringatan Hari Toleransi Sedunia yang jatuh pada tanggal 16 November 2021.
ILUSTRASI - Simak sejarah dan tema peringatan Hari Toleransi Sedunia yang jatuh pada tanggal 16 November 2021. /PEXELS/ketut-subiyanto

BERITA DIY - Simak sejarah Hari Toleransi Sedunia yang jatuh pada Selasa, tanggal 16 November 2021 beserta tema peringatan tahun ini.

Setiap hari memiliki makna tersendiri. Bahkan beberapa di antaranya merupakan momen penting, tak terkecuali tanggal 16 November 2021 yang diperingati sebagai Hari Toleransi Sedunia.

Adapun sejarah Hari Toleransi Sedunia dimulai ketika Majelis Umum PBB mendeklarasikan Tahun Toleransi pada tahun 1995 sekaligus peringatan 125 tahun kelahiran Mahatma Gandhi.

Baca Juga: Tanggal 11 November 2021 Memperingati Hari Apa? Simak Sejarah Hari Jomblo Sedunia hingga Lahirnya Harbolnas

Dikutip dari nationaltoday.com, tujuan dari deklarasi tersebut diharapkan agar institusi pendidikan dan masyarakat umum menaruh toleransi sebagai kebutuhan di kehidupan sosial.

Hal ini didukung dari pernyataan di websire PBB bahwa organisasi internasional tersebut berkomitmen untuk memperkuat toleransi dengan memupuk sifat saling pengertian di antara budaya dan masyarakat.

Tak hanya itu, UNESCO juga memberikan penghargaan khusus untuk masyarakat yang berprestasi dalam mempromosikan semangat toleransi dan non-kekerasan di bidang sains, budaya, kesenian, dan komunikasi.

Baca Juga: Sosok Ismail Marzuki, Pahlawan Nasional yang Muncul di Google Doodle Memperingati Hari Pahlawan Nasional

Penghargaan yang disebut dengan UNESCO-Madanjeet Singh diberikan setiap dua tahun tepat pada Hari Toleransi Internasional tanggal 16 November.

Hadiah tersebut dapat diberikan kepada lembaga, organisasi atau individu yang telah berkontribusi secara nyata dan berjasa dalam kegiatan toleransi non-kekerasan.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x