Tanggal 11 November 2021 Memperingati Hari Apa? Simak Sejarah Hari Jomblo Sedunia hingga Lahirnya Harbolnas

- 10 November 2021, 17:47 WIB
ILSUTRASI - Simak sejarah Hari Jomblo Sedunia yang jatuh pada Kamis, tanggal 11 November 2021.
ILSUTRASI - Simak sejarah Hari Jomblo Sedunia yang jatuh pada Kamis, tanggal 11 November 2021. /PEXELS/keenan-constance-545154

BERITA DIY - Simak sejarah Hari Jomblo Sedunia yang jatuh pada hari kamis, tanggal 11 November 2021 beserta tradisi peringatan dan melahirkan Harbolnas di Indonesia.

Tanggal 11 November 2021 bukan hari biasa. Meskipun tidak termasuk dalam tanggal merah atau libur nasional, hari tersebut ternyata bertepatan dengan Hari Jomblo Sedunia atau Single Day.

Dikutip dari Investopedia, sejarah Hari Jomblo Sedunia berawal dari negara Tiongkok yang memperingati setiap tanggal 11 November. Orang yang belum menikah membeli hadiah untuk dirinya sendiri.

Baca Juga: Link Download Twibbon Bucin National Girlfriend Day 1 Agustus 2021 untuk Pacar atau Sahabat Perempuan

Namun akar perayaan dimulai ketika empat mahasiswa lajang di Universitas Nanjing sekitar tahun 1993 sangat anti terhadap hari Valentine yang merupakan hari kasih sayang.

Keempat pria tersebut akhirnya merayakan tanggal 11 November untuk memanjakan diri mereka sendiri dan menghormati statusnya sebagai lajang. Akhirnya, tradisi ini menyebar ke universitas lain baik dari kalangan jomblowan dan jomblowati.

Dengan berkembangnya waktu Single Day menjadi ajang bertemu dan mengadakan pesta bersama teman-teman dan orang lain dengan harapan mengakhiri statusnya sebagai lajang.

Baca Juga: Apa itu TikTok Shop? Ini Penjelasan dan Cara Belanja di Fitur Baru TikTok

Beberapa negara lain yang turut merayakan adalah negara di Asia Tenggara dan benua Eropa termasuk Jerman serta Belgia. Sementara versi Inggris, peringatan Hari Jomblo jatuh pada tanggal 11 Maret.

Tradisi lain yang tak kalah mencengangkan di Tiongkok, 11 November menjadi hari belanja online terbesar di dunia. Orang-orang berbelanja pada hari tersebut.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x