15 Oktober 2021 Memperingati Apa? Ada Hari Hak Asasi Hewan Sedunia, Siapa dan Di Manakah Dideklarasikan?

- 14 Oktober 2021, 15:35 WIB
ILUSTRASI - SImak sejarah Hari Deklarasi Universal Hak Asasi Hewan yang jatuh pada tanggal 15 Oktober 2021.
ILUSTRASI - SImak sejarah Hari Deklarasi Universal Hak Asasi Hewan yang jatuh pada tanggal 15 Oktober 2021. /PEXELS/roger-brown-3435524

BERITA DIY - Simak penjelasan momen peringatan tanggal 15 Oktober 2021 yang merupakan Hari Deklarasi Universal Hak Asasi Hewan Sedunia, lengkap dengan siapa dan di mana dideklarasikan.

Deklarasi Universal Hak Asasi Hewan Sedunia mencapai puncaknya pada tanggal 15 Oktober 1978. Inisiasi ini diproklamasikan di markas UNESCO (Organiasasi Pendidikan, Keilmuwan dan Kebudayaan PBB), di Paris, Prancis, yang diilhami oleh Deklarasi Hak Asasi Manusia tahun 1948.

Dengan adanya Deklarasi Hak Asasi Hewan Sedunia, manusia diharapkan mengakui hak-hak dasar hewan selayaknya manusia sebagai sesama makhluk hidup. 

Baca Juga: Tanggal 12 Oktober 2021 Memperingati Hari Apa? Simak Hari Museum Nasional Beserta Sejarahnya

Menurut sebuah esai yang ditulis oleh Jean-Marc Neumann (2012), pengakuan ini tidak hanya berlaku bagi hewan peliharaan manusia atau komunitas tertentu, namun seluruh fauna yang bahkan berfungsi sebagai sumber makanan, alat penggerak, alat bekerja, atau objek rekreasi bagi manusia. 

Secara garis besar, Deklarasi menyatakan bahwa semua hewan memiliki hak yang sama untuk hidup, tidak ada hewan yang dieperlakukan dengan buruk atau dengan kekejaman, hewan harus mendapat perlindungan hukum, dan hewan mati diperlakukan dengan rasa hormat.

Adapun terdapat 10 poin yang disampaikan pada Deklarasi Universal Hak Asasi Hewan Sedunia, meliputi:

Baca Juga: Tanggal 4 Oktober 2021 Memperingati Hari Apa? Simak Sejarah Hari Satwa Sedunia

1. Semua hewan memiliki hak yang sama untuk hidup dalam keseimbangan biologis. Persamaan hak ini tidak menutupi keragaman spesies dan individu hewan.

2. Semua hewan memiliki hak untuk dihormati.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x