5 Oktober Diperingati Hari Apa? Simak Sejarah HUT TNI ke-76 Tahun 2021

- 4 Oktober 2021, 20:39 WIB
Simak sejarah HUT TNI ke-76 yang jatuh pada tanggal 5 Oktober 2021.
Simak sejarah HUT TNI ke-76 yang jatuh pada tanggal 5 Oktober 2021. /Twibbonize.com/dirgahayutni76

BERITA DIY - Simak penjelasan sejarah HUT TNI yang diperingati setiap tanggal 5 Oktober. Adapun tahun 2021, perayaan ini telah mencapai tahun ke-76.

Dikutip dari laman tni.mil.id, TNI telah berganti nama beberapa kali sejak zaman kemerdekaan. Tujuan adanya pasukan ini adalah tidak lain untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari Belanda dan ancaman lainnya yang berpotensi merusak persatuan dan kesatuan NKRI.

Pada awalnya, TNI adalah organisasi bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR) lalu berganti nama menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada tanggal 5 Oktober 1945. 

Baca Juga: 15 Twibbon HUT TNI ke-76, Simak Penjelasan Tema Tahun 2021 dan Link Download Logo Resmi

Pergantian nama tak sampai di situ. Nama baru Tentara Republik Indonesia (TRI) diusung mengikuti susunan yang mengacu pada dasar militer internasional.

Pada akhirnya, nama Tentara Nasional Indonesia (TNI) diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 3 Juni 1947 yang merupakan gabungan dari TRI beserta tentara regular dan badan-badan perjuangan rakyat.

Sejak awal kemerdekaan pada tahun 1945, TNI menghadapi beragam tantangan baik itu di internal maupun eksternal, serta ancaman dari dalam maupun luar negeri.

Baca Juga: 30 Link Twibbon HUT TNI 2021 ke-76: Lengkap dengan Sejarah dan Tema Perayaan pada 5 Oktober

Adapun tantangan dalam negeri seperti ancaman dari Partai Komunis Indonesia (PKI) yang melakukan pemberontakan di berbagai daerah di Indonesia.

Sementara ancaman luar negeri datang dari Agresi Militer Belanda yang kembali ingin menguasai Indonesia. TNI menyadari keterbatasan sumberdaya kalah jauh modern dengan yang dimiliki oleh Negara Kincir Angin.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim

Sumber: tni.mil.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x