Tanggal 2 Oktober 2021 Memperingati Hari Apa? Simak Sejarah Hari Batik Nasional Beserta 10 Link Twibbon

- 1 Oktober 2021, 19:54 WIB
ILUSTRASI - Simak sejarah dan 10 link Twibbon Hari Batik Nasional yang diperingati tanggal 2 Oktober 2021.
ILUSTRASI - Simak sejarah dan 10 link Twibbon Hari Batik Nasional yang diperingati tanggal 2 Oktober 2021. /Twibbonize/Lutfi-Edukasi Grafis

BERITA DIY - Simak sejarah Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2021 beserta link Twibbon peringatan yang dapat diunggah di media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Instagram dll.

Kain batik menjadi primadona busana di Tanah Air. Tidak hanya digunakan oleh orang tua dan acara resmi, kain bermotif tersebut kini menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari dan tidak kenal usia.

Perayaan Hari Batik Nasional tidak serta merta terjadi begitu saja. Adapun sejarah dimulai ketika batik termasuk dalam daftar Intangible Cultural Heritage (ICH) UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Baca Juga: 10 Kata-Kata Ucapan untuk Hari Batik Nasional 2 Oktober 2021 Untuk Status WA, IG, dan FB

Secara resmi, batik terdaftar sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Indonesia yang ke-3 setelah sebelumnya keris dan wayang masuk ke dalam daftar tersebut.

Penetapan batik sebagai ICH UNESCO lantaran karena batik adalah seni menghias kain yang mengandung nilai-nilai budaya di dalamnya. Adapun seni menghias kain ini telah diturunkan dari dan ke berbagai generasi di Indonesia.

Dilansir dari laman kemdikbud.go.id, proses pembuatan batik membutuhkan waktu yang lama dengan menggunakan alat tradisional. Hal inilah yang merepresentasikan kesabaran, ketekuan dan ketelitian bagi pembuat batik.

Baca Juga: Sejarah Hari Batik Nasional 2 Oktober 2021, Memperingati Warisan Budaya Indonesia

Lebih lanjut, batik adalah warisan nenek moyang ke generasi selanjutnya yang patut dilestarikan. Peradaban Indonesia bisa dilihat dari motif batik yang digambar pada kain.

Beragam motif ditawarkan yang memiliki makna tertentu, seperti contoh kaligrafi Arab, karangan bunga Eropa, burung phoenix Tiongkok, bunga sakura Jepang, dll.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x