Sejarah Hari Sarjana Nasional, 29 September 2021 dan Sosok Peraih Gelar Sarjana Pertama di Indonesia

- 29 September 2021, 11:41 WIB
Ilustrasi prosesi wisuda seorang Sarjana di perguruan tinggi.***
Ilustrasi prosesi wisuda seorang Sarjana di perguruan tinggi.*** /Pixabay/Matoue

BERITA DIY - Hari Sarjana Nasional diperingati hari ini, 29 September 2021 dalam rangka apresiasi terhadap perjuangan dan pengorbanan mahasiswa untuk meraih gelar Sarjana yang tersemat dalam namanya.

Hari Sarjana Nasional diperingati setiap tahun, meski demikian belum banyak orang yang mengetahui mengenai sejarah Hari Sarjana Nasional dan apa penggerak adanya peringatan tahunan ini.

Artikel ini akan mengenalkan pembaca mengenai sejarah Hari Sarjana Nasional yang diperingati setiap tanggal 29 September.

Baca Juga: Sejarah dan Tema Hari Tani Nasional, Diperingati 24 September 2021: Mengenang Terbitnya Hukum Agraria UUPA

Sesuai namanya, Hari Sarjana Nasional adalah momentum peringatan bagi para sarjana atau sebutan bagi lulusan perguruan tinggi. Meski peringatan hari ini tidak dirayakan secara resmi, namun tidak sedikit instansi yang memberikan peringatan melalui media sosial.

Sejarah Hari Sarjana Nasional

Peringatan Hari Sarjana Nasional ini digaungkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2014 tepatnya 29 September 2014 melalui akun Twitternya. Peringatan ini kemudian diperingati setiap tahunnya pada tanggal yang sama.

Para sarjana adalah generasi pembangun bangsa yang secara resmi telah memiliki ijazah dari perguruan tinggi. Tidak bisa dipungkiri jika pendidikan merupakan sarana yang penting untuk mencapai cita-cita Bangsa Indonesia.

Baca Juga: Sejarah Hari Perhubungan Nasional Diperingati Pada 17 September, Ini Tema Peringatan Harhubnas 2021

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x