Sejarah Hari Ozon Internasional, 16 September 2021: Fungsi dan Dampak Kerusakan Lapisan Pelindung Bumi

- 16 September 2021, 07:17 WIB
ILUSTRASI - Langit yang memiliki lapisan Ozon, sejarah Hari Ozon Sedunia dan dampak keruskaan Ozon bagi kehidupan.
ILUSTRASI - Langit yang memiliki lapisan Ozon, sejarah Hari Ozon Sedunia dan dampak keruskaan Ozon bagi kehidupan. /PIXABAY/Isangyoung

BERITA DIY - Hari Ozon Internasional atau International Day for the Preservation of the Ozone Layer diperingati pada hari ini, 16 September 2021. Peringatan tahun ini merupakan peringatan ke-35 sejak diperingati pertama kali pada tahun 1987.

Hari Ozon Internasional diperingati dengan tujuan menjadi alarm bagi umat manusia untuk melindungi lapisan Ozon yang sangat menentukan bagi kelangsungan hidup umat manusia di seluruh dunia.

Tema Hari Ozon Internasional tahun 2021 ini adalah 'Keeping us, our food, and vaccines cool' yang memiliki makna untuk menjaga kita, makanan, dan menjalankan program vaksin.

Baca Juga: Sejarah Hari Olahraga Nasional atau Haornas, 9 September 2021: Memperingati Pembukaan PON I di Indonesia

Lapisan Ozon sangat penting untuk melindungi kehidupan manusia dan makhluk lainnya di Bumi. Lapisan Ozon adalah lapisan stratosfer yang berada di ketinggian 11-50 kilometer di atas permukaan bumi.

Molekul yang terkandung dalam lapisan Ozon bersatu dan dilambangkan dengan rumus kimia O3. Fungsi lapisan Ozon adalah untuk melindungi bumi dari radiasi sinar ultraviolet yang berbahaya karena bersifat karsinogeni dan memicu kanker kulit serta merusak ekosistem.

Akibat yang ditimbulkan dari lapisan Ozon yang rusak adalah bocornya sinar ultraviolet-B yang masuk melalui lubang Ozon yang rusak. Dampak yang ditimbulkan adalah:

Baca Juga: Sejarah Hari Polwan Nasional ke-73, 1 September 2021: Peran Wanita dalam Bidang Pertahanan dan Keamanan

  • menghambat pertumbuhan tanaman
  • mengurangi produksi plankton yang memicu kerusakan rantai makanan
  • memicu kanker kulit
  • menurunnya kapasitas produksi pada organ manusia.

Berdasarkan latar belakang di atas, para ilmuan dan peneliti memperingatkan manusia untuk bersama-sama melindungi lapisan Ozon. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merespon peringatan para ilmuan ini dengan membuat perjanjian internasional.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub