Sejarah Hari Perhubungan Nasional Diperingati Pada 17 September, Ini Tema Peringatan Harhubnas 2021

- 17 September 2021, 10:08 WIB
Foto petugas Dinas Perhubungan DIY yang sedang menjalankan tugas.
Foto petugas Dinas Perhubungan DIY yang sedang menjalankan tugas. /Instagram.com/@dishubdiy

BERITA DIY - Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) diperingati setiap tanggal 17 September sebagai peringatan hari bakti BUMN yang terkait dengan sektor perhubungan dengan dibentuknya Kementerian Perhubungan.

Harhubnas 2021 yang diperingati hari ini mengangkat tema 'Bergerak, Harmonikan Indonesia' yang merupakan peringatan ke-51 sejak pertama kali diperingati pada tahun 1971 dengan terbitnya Keputusan Menteri Perhubungan nomor SK.274/G/1971 tanggal 26 Agustus 1971 tentang Hari Perhubungan Nasional.

Dilansir dari dephub.go.id, tema peringatan Harhubnas 2021 dimaksutkan untuk menjalin kinerja Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang bersinergi dengan elemen pemerintah lainnya.

Baca Juga: Sejarah Hari Ozon Internasional, 16 September 2021: Fungsi dan Dampak Kerusakan Lapisan Pelindung Bumi

"Melalui tema ini diharapkan insan perhubungan yang terdiri dari bergai unsur seperti Kemenhub, Pemerintah Daerah, maupun stakeholder lainnya, dapat saing bekerja sama bergerak, serta berkolaborasi dengan baik, serta dapat mengesampingkan ego sektoral sehingga mampu membawa perubahan lebih baik bagi sektor transportasi dan memberikan pelayanan paling prima bagi masyarakat Indonesia," tulis Kemenhub dalam dephub.go.id.

Sejarah Hari Perhubungan Nasional

Sejarah diperingatinya Hari Perhubungan Nasional saling berkaitan dengan lahirnya Kementerian Perhubungan yang tidak lain akronim dari Departemen Perhubungan. Departemen Perhubungan dibentuk setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945 dan dipimpin oleh Ir. Abdulkarim.

Sesuai dengan namanya, Departemen Perhubungan mengurusi masalah perhubungan yakni perhubungan darat, laut, dan udara. Pada awal dibentuknya Departemen Perhubungan, fokus perhatian pemerintah berada di wilayah darat.

Baca Juga: Sejarah Hari Olahraga Nasional atau Haornas, 9 September 2021: Memperingati Pembukaan PON I di Indonesia

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x