Sejarah dan Tema Hari Perdamaian Internasional, 21 September 2021: Semangat Berakhirnya Perang dan Kekerasan

- 21 September 2021, 17:25 WIB
ILUSTRASI - Bendera negara di dunia, sejarah dan tema Hari Perdamaian Dunia diperingati hari ini, 21 September 2021.
ILUSTRASI - Bendera negara di dunia, sejarah dan tema Hari Perdamaian Dunia diperingati hari ini, 21 September 2021. /PIXABAY/Prawny

BERITA DIY - Hari Perdamaian Internasional (International Day of Peace) diperingati tanggal 21 September 2021 yang secara khusus didedikasikan untuk perdamaian dunia, berakhirnya perang dan kekerasan.

Hari Perdamaian Internasional ini pertama kali diperingati pada tahun 1998 dan dipertahankan setiap tahunnya oleh banyak negara, kelompok politik, militer, dan masyarakat dunia untuk mendorong semangat perdamain dunia.

Selain sebagai perayaan perdamaian dunia, Hari Perdamaian Internasional juga ditujukan untuk pendidikan perdamaian, sebagai sarana pencegahan yang penting untuk mengurangi peperangan yang berkelanjutan.

Baca Juga: Sejarah Hari Ozon Internasional, 16 September 2021: Fungsi dan Dampak Kerusakan Lapisan Pelindung Bumi

Setiap tahunnya, lonceng Hari Perdamaian Internasional dibunyikan di Markas Besar PBB yang berlokasi di Kota New York. Lonceng Perdamaian Internasional itu dibuat dari koin-koin sumbangan anak-anak dari seluruh benua selain Afrikayang pada salah satu sisinya tertulis "Long live absolute world peace" yang berarti Panjang umur perdamaian dunia sepenuhnya.

Tema Hari Perdamaian Internasional

Tema peringatan Hari Perdamaian Internasional tahun ini adalah "recovering better for an equitable and sustainable world" yang memiliki arti memulihkan dengan lebih baik dunia yang adil dan berkelanjutan.

Sejarah Hari Perdamaian Internasional

Sejarah Hari Perdamaian Internasional adalah adanya kesadaran PBB mengenai pentingnya perdamaian dunia untuk terbebas dari konflik, perang, dan ancaman perseteruan yang mampu melanggar kemanusiaan.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x