Sejarah Hari Ayah Sedunia yang Jatuh Hari Ini, 20 Juni 2021, Pertama Kali Populer di Amerika Serikat

- 20 Juni 2021, 17:03 WIB
Ilustrasi seorang ayah yang sedang menggendong anaknya.
Ilustrasi seorang ayah yang sedang menggendong anaknya. /Pixabay/mohamed_hassan

BERITA DIY - Hari Minggu pekan ketiga di bulan Juni diperingati sebagai hari ayah sedunia. Hari ayah sedunia diperingati untuk menghargai jasa dan kemuliaan seorang ayah untuk keluarganya.

Sebagain besar negara memperingati hari ayah pada akhir pekan ketiga bulan Juni dan pada tahun ini jatuh pada tanggal 20 Juni 2021. Negara yang memperingati hari ayah hari ini adalah Amerika Serikat, India, dan banyak negara lainnya.

Hari ayah sedunia pertama kali diperingati pada 5 Juli 1908, di West Virginia, Amerika Serikat ketika ratusan orang tewas menjadi korban dalam kecelakaan pertambanagan. Grace Golden, putri seorang pendeta ternama kemudian memperingati kematian para pria dalam kecelakaan itu sebagai kebaktian di hari Minggu.

Baca Juga: Sejarah Hari AIDS Sedunia 1 Desember 2020, Simbol Perangi Wabah AIDS Akibat Virus HIV

Hari ayah sedunia mulai populer di Amerika Serikat ketika Presiden Richard Nixon menandatangani deklarasi pada tahun 1972. Minggu ketiga bulan Juni pun diperingati setiap tahunnya sebagai hari ayah sedunia.

Peringatan hari ayah dilakukan atas dedikasi seorang ayah yang memiliki peran penting dalam kehidupan. Peran ayah sebagai pendukung finansial, emosional, mental bagi seorang anak.

Anak-anak biasanya akan memberikan hadiah, bingkisan, atau sekadar ucapan terima kasih atas peran ayah yang sangat luar biasa bagi kehidupan keluarga dan anak-anaknya. Sebagian besar akan memanfaatkan hari ayah untuk menghabiskan waktu bersama orang tua laki-lakinya.

Baca Juga: Hari Lahir Pancasila Diperingati 1 Juni 2021: Lengkap Bunyi, Lambang, dan Kandungan Makna Pancasila

Meski demikian, di beberapa negara termasuk Indonesia, hari ayah diperingati pada waktu yang berbeda. Indonesia mmeperingati hari ayah pada tanggal 12 November setiap tahunnya.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x