Sejarah Hari AIDS Sedunia 1 Desember 2020, Simbol Perangi Wabah AIDS Akibat Virus HIV

- 1 Desember 2020, 07:00 WIB
Simbol hari AIDS sedunia yang jatuh hari ini, 1 Desember 2020.
Simbol hari AIDS sedunia yang jatuh hari ini, 1 Desember 2020. /Pixabay/OpenClipart-Vectors

 

BERITA DIY - Hari AIDS sedunia diperingati setiap tahunnya pada tanggal 1 Desember 2020 oleh seluruh masyarakat global sebagai simbol memerangi wabah AIDS yang disebabkan oleh virus HIV.

HIV (Human Immunodeficiency Virus) merpakan nama virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi atau penyakit, sedangkan AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome adalah kondisi di mana HIV sudah pada tahap infeksi akhir.

Baik obat maupun penanganan menyembuhkan penyakit ini belum ditemukan, namun melaui pengobatan tertentu pasien HIV dapat menghambat perkembangan penyakit serta dapat menjalani kehidupan normal.

Baca Juga: BTS Saat Ditanya Umur Berapa Ingin Menikah, J-Hope dan Jungkook BTS Tidak Ingin Menikah?

Baca Juga: Profil Nam Joo Hyuk dan Bae Suzy, Tokoh Utama Drama Korea Start Up yang Tayang Bulan Ini

Ketika pengidap HIV telah mencapai tahap AIDS, maka tubuh tidak lagi memiliki kemampuan untuk melawan infeksi yang ditimbulkan sehingga mudah jatuh sakit.

Oleh karena itu, pada dasarnya pengidap HIV AIDS yang meninggal tidak semata-mata karena disebabkan mengidap HIV AIDS, melainkan terdapat penyakit lain yang mampu menimbukan kematian atau terjadinya komplikasi.

 Lantas bagaimana sejarah adanya hari AIDS sedunia? Mengapa tanggal 1 Desember ditetapkan untuk memperingati hari AIDS tersebut?

Hari AIDS sedunia mulai diperingati sejak tahun 1988 atas gagasan dari tokoh penggiat perang terhadap AIDS yakni James W. Bunn dan Thomas Netter yang tidak lain menjabat sebagai pejabat informasi masyarakat untuk Program AIDS Global di WHO (World Health Organization), berpusat di Geneva, Swiss.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x