Hari Palang Merah Indonesia Diperingati 3 September 2021: Sejarah, Visi dan 7 Prinsip Gerakan PMI

- 3 September 2021, 08:14 WIB
Dokumentasi PMI dalam menyalurkan bantuan kemanusiaan terhadap korban konflik Rohingya di Provinsi Aceh, Indonesia.
Dokumentasi PMI dalam menyalurkan bantuan kemanusiaan terhadap korban konflik Rohingya di Provinsi Aceh, Indonesia. /Instagram.com/@palangmerah_indonesia

BERITA DIY - Gerakan Palang Merah Indonesia atau PMI merupakan organisasi atau perkumpulan nasional yang bergerak dalam bidang kemanusiaan. Hari PMI diperingati setiap tanggal 3 September tiap tahunnya sebagai peringatan inisiatif pembentukan badan PMI.

PMI secara resmi berdiri pada 17 September 1945 dan sudah lebih dari 76 tahun bergerak sebagai lembaga kemanusiaan di Indonesia. Meski demikian, gagasan atau inisiatif pembentukan PMI telah ada sejak 3 September 1945 setelah kemerdekaan.

Sebelum ada PMI, Belanda telah mendirikan organisasi relawan yang bergerak di bidang kemanusiaan dengan nama Het Nederland-Indiche Rode Kruis (NIRK) yang berakronim menjadi Nederlands Rode Kruiz Afdelinbg Indie (NERKAI).

Baca Juga: Sejarah Hari Polwan Nasional ke-73, 1 September 2021: Peran Wanita dalam Bidang Pertahanan dan Keamanan

Rakyat Indonesia pada saat itu tidak puas dengan organisasi bentukan Belanda dan ingin membentuk organisasi Palang Merah Indonesia (PMI). Gagasan ini dipelopori oleh dr. RCL. Senduk dan Bahder Djohan untuk diajukan di kongres NERKAI tahun 1940.

Sayangnya, gagasan dr. RCL. Srnduk dan Bahder Djohan ini mendapatkan penolakan dari Belanda dan ide pembentukan PMI tidak dilanjutkan.

Sejarah Pembentukan PMI

Setelah Indonesia merdeka, pemerintahan Ir. Soekarno pada 3 September mengamanatkan pembentukan organisasi PMI kepada Menteri Kesehatan dr. Buntaran Martoatmodjo untuk mengibarkan keberadaan Republik Indonesia di mata dunia.

Baca Juga: Hari Anti Penghilangan Paksa Internasional, 30 Agustus 2021: Sejarah dan Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x