Sejarah Hari TNI Diperingati 5 Oktober 2021: Sejarah Tentara Nasional Indonesia, Peran, Fungsi, dan Tugasnya

- 5 Oktober 2021, 10:43 WIB
Foto kegiatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat, hari TNI diperingati 5 Oktober 2021.
Foto kegiatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat, hari TNI diperingati 5 Oktober 2021. /Instagram.com/@tni_angkatan_darat

BERITA DIY - Tentara Nasional Indonesia (TNI) memperingati hari jadinya yang ke-76 sejak dibentuk pada 5 Oktober 1945 dengan nama Tentara Keamanan Rakyat (TKR) oleh Presiden Ir. Soekarno saat awal kemerdekaan.

Keberadaan unit pertahanan dalam sebuah negara seperti TNI merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Indonesia. TNI dapat mengatasi berbagai ancaman yang mampu meruntuhkan kemerdekaan Negara Indonesia.

Menteri Keamanan Rakyat dan Pemimpin Tertinggi TKR sejak dibentuk dipimpin oleh Supriyadi yang merupakan anggota PETA (Pembela Tanah Air) yang berjuang melawan tindakan penjajah pada Bangsa Indonesia.

Baca Juga: Sejarah dan Makna Peringatan Hari Hewan Sedunia, 4 Oktober 2021: Dorongan Perlindungan Hewan Secara Global

TNI mengalami sejarah panjang pembentukannya berangkat dari TKR hingga sekarang ini dikenal dengan nama TNI. TNI juga pernah berakronim dengan nama ABRI (Angkatan Bersejata Republik Indonesia) yang terintegrasi bersama POLRI (Kepolisian Republik Indonesia).

Selengkapnya, artikel ini akan memberikan informasi seputar sejarah TNI lengkap dengan penjelasan peran, fungsi, dan tugasnya menurut UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI dalam menjaga keutuhan Negara Indonesia.

Sejarah TNI

Masuknya sekutu (Inggris) ke Indonesia setelah menyerahnya Jepang pada Perang Dunia II pada Sekutu tanpa syarat dimanfaatkan Belanda sebagai pintu untuk kembali menjajah Indonesia.

Baca Juga: Mengapa 1 Oktober Diperingati Sebagai Hari Kesaktian Pancasila? Ini Sejarah Penguatan Dasar Negara Indonesia

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x