Tanggal 4 Oktober 2021 Memperingati Hari Apa? Simak Sejarah Hari Satwa Sedunia

- 3 Oktober 2021, 20:38 WIB
ILUSTRASI - Simak sejarah Hari Satwa Sedunia yang jatuh pada tanggal 4 Oktober 2021.
ILUSTRASI - Simak sejarah Hari Satwa Sedunia yang jatuh pada tanggal 4 Oktober 2021. /PEXELS/aenic

BERITA DIY - Simak sejarah singkat Hari Satwa Sedunia yang jatuh pada tanggal 4 Oktober 2021. Peringatan ini merupakan momentum yang tepat untuk semakin menyadarkan manusia bersama-sama menjaga hewan dan lingkungan.

Hari Satwa Sedunia diperingati setiap tanggal 4 Oktober, di mana untuk menyatukan semua orang yang telah berkomitmen melindungi dan menyuarakan kesejahteraan hewan yang terancam oleh degradasi lingkungan.

Menurunnya kualitas lingkungan karena campur tangan manusia, perubahan iklim, serta bencana alam dapat merusak habitat dan ekosistem hewan di dalamnya. Tak pelak jika dewasa ini banyak spesies hewan menuju ambang kepunahan.

Baca Juga: Tanggal 2 Oktober 2021 Memperingati Hari Apa? Simak Sejarah Hari Batik Nasional Beserta 10 Link Twibbon

Dengan adanya Hari Satwa Sedunia diharapkan mampu mengajak manusia dari seluruh penjuru dunia untuk membuka mata tentang spesies hewan yang kondisinya kian memprihatinkan.

Momen ini dimulai secara sederhana hampir 100 tahun yang lalu. Untungnya, gerakan semakin luas dan menyentuh secara global, sehingga banyak dari penduduk dunia yang kian mendukung pelestarian fauna.

Disadur dari laman todaysveteranynurse.com, Hari Satwa Sedunia pertama kali berlangsung pada tanggal 24 Maret 1925 di Sport Palace, Berlin Jerman. 

Baca Juga: Sejarah Hari Batik Nasional 2 Oktober 2021, Memperingati Warisan Budaya Indonesia

Perayaan diselenggarakan atas iniasasi dari penulis "Mensch und Hund" (Manusia dan Anjing) sekaligus aktivis hewan Heinrich Zemmerman. Lebih dari 5.000 orang berpartisipasi dalam kegiatan.

Selang empat tahun kemudian, Hari Satwa Sedunia secara resmi dirayakan pada tanggal 4 Oktober, meski semula direncanakan pada tahun 1925.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x