Cuma Pakai Satu Aplikasi, Cek Status Bansos Sembako BPNT Rp200 Ribu dan Panduan Cara Daftar Bantuan

- 21 Oktober 2021, 06:45 WIB
Ilustrasi pakai aplikasi HP untuk cek status pencairan dan daftar bantuan bansos sembako BPNT Rp200 ribu Kemensos bulan Oktober 2021.
Ilustrasi pakai aplikasi HP untuk cek status pencairan dan daftar bantuan bansos sembako BPNT Rp200 ribu Kemensos bulan Oktober 2021. /PEXELS/adrienn-638530

BERITA DIY - Masyarakat penerima bantuan sosial atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM) khususnya penerima bansos sembako BPNT Rp200 ribu dapat melakukan cek status dan cara daftar bantuan dalam satu aplikasi Cek Bansos.

Aplikasi Cek Bansos merupakan aplikasi buatan Kemensos untuk memberikan kemudahan layanan bagi masyarakat untuk cek penerima bansos sekaligus memberikan tanggap kelayakan bantuan mulai dari daftar dan mengirim aduan.

Cek Bansos terdiri dari berbagai fitur salah satunya untuk melakukan cek status pencairan dana bansos sembako BPNT Rp200 ribu yang dijadwalkan cair bulan Oktober 2021 sampai dengan bulan Desember 2021.

Baca Juga: Cara Daftar Bansos Sembako BPNT Bulan Oktober 2021 dari Kemensos dan Link Unduh Aplikasi Cek Bansos Resmi

Adapun cek daftar penerima bansos sembako BPNT Rp200 ribu bisa dilakukan dengan memasukkan nama lengkap dan detail alamat domisili sesuai kolom isian yang wajib diisi oleh pengguna.

Berikut ini adalah cara untuk cek status pencairan dana bansos sembako BPNT Rp200 ribu bulan Oktober 2021 di aplikasi Cek Bansos:

  1. Buka aplikasi Cek Bansos
  2. Login menggunakan user ID yang sudah diaktivasi dan diverivikasi oleh admin Kemensos, buat akun baru jika baru pertama kali membuat akun di aplikasi Cek Bansos
  3. Masukan nama Provinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan, dan Desa atau Kelurahan sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk elekteonik (eKTP)
  4. Masukan nama lengkap sesuai dengan eKTP
  5. Masukan kode verifikasi yang tertera, dan tekan ‘refresh’ jika kode yang muncul kurang jelas
  6. Tekan tombol ‘Cari Data’.

Baca Juga: Syarat dan Cara Cek Daftar Penerima Bansos Sembako BPNT Rp200 Ribu Oktober 2021 Lewat Aplikasi di HP

Setelah melakukan cek, masyarakat akan mendapatkan tampilan data penerima bansos sembako BPNT dengan nama yang sama atau hampir serupa dalam data satu desa atau kelurahan yang sama.

Masyarakat perlu teliti dalam membaca data agar tidak keliru dalam mencari data pribadinya. Salah satu yang bisa membedakan data nama dan alamat yang sama adalah dengan mengamati kolom umur penerima bansos.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x