Dana Bansos Sembako BPNT Rp200 Ribu Tidak Bisa Ditarik Tunai, Ini Cara Daftar dan Cek Penerima Bantuan

- 12 Oktober 2021, 17:24 WIB
Link cekbansos.kemensos.go.id yang digunakan untuk cek daftar penerima bansos smebako BPNT Rp200 ribu yang disalurkan bulan oktober 2021.
Link cekbansos.kemensos.go.id yang digunakan untuk cek daftar penerima bansos smebako BPNT Rp200 ribu yang disalurkan bulan oktober 2021. /Tangkap layar: cekbansos.kemensos.go.id

BERITA DIY - Penyaluran bansos sembako Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) telah mamasuki jadwal penyaluran bulan Oktober 2021. Bansos sembako BPNT yang cair bulan oktober 2021 ini akan cair dengan nominal Rp200 ribu.

Kemensos menyalurkan bansos sembako BPNT menggunakan kartu sembako yang dapat digunakan untuk kartu belanja kebutuhan pokok masyarakat seperti beras dan kebutuhan pangan lainnya.

Dana bansos sembako BPNT tidak dapat ditarik secara tunai berbeda dengan Bantuan Sosial Tunai (BST) dan bansos Program Keluarga Berencana (PKH) yang sama-sama disalurkan oleh Kemensos.

Baca Juga: Bansos Sembako BPNT Rp200 Ribu Bulan Oktober 2021 Cair atau Belum? Cek Status Bantuan Pakai 2 Cara

Penerima bansos sembako BPNT Rp200 ribu diambil dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos yang terhimpun dalam dtks.kemensos.go.id. Meski demikian, data penerima bansos sembako BPNT hanya dapat dicek di aplikasi cek bansos dan link Kemensos.

Link Kemensos yang ditujukan khusus untuk cek daftar penerima bansos sembako BPNT adalah link cekbansos.kemensos.go.id. Cara untuk cek di link cekbansos.kemensos.go.id dapat dilakukan dengan cara berikut:

  1. Buka link online cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Masukan nama Provinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan, dan Desa atau Kelurahan sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  3. Masukan nama lengkap sesuai dengan KTP.
  4. Masukan kode verifikasi yang tertera, dan tekan ‘refresh’ jika kode yang muncul kurang jelas.
  5. Tekan tombol ‘Cari Data’.

Baca Juga: Daftar DTKS dan Penuhi Syarat Berikut Ini Agar Bansos Sembako BPNT Rp200 Ribu Bulan Oktober 2021 Bisa Cair

Sementara itu, cara untuk cek lewat aplikasi Cek Bansos dapat dilakukan dengan mengunduh aplikasi versi resmi terlebih dahulu dengan cara ini:

  1. Download aplikasi Cek Bansos
  2. Buat akun baru atau user ID
  3. Login menggunakan user ID yang sudah diaktivasi dan diverivikasi oleh admin Kemensos
  4. Masukan nama Provinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan, dan Desa atau Kelurahan sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  5. Masukan nama lengkap sesuai dengan KTP.
  6. Masukan kode verifikasi yang tertera, dan tekan ‘refresh’ jika kode yang muncul kurang jelas.
  7. Tekan tombol ‘Cari Data’.

Adapun, bagi masyarakat yang hendak mendaftarkan diri sebagai penerima bansos sembako BPNT dapat dilakukan melalui aplikasi Cek Bansos. Cara untuk daftar penerima aplikasi Cek Bansos adalah sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x