Panduan Daftar DTKS Agar Dapat Bansos Sembako BPNT Rp200 Ribu, Cek Link Online cekbansos.kemensos.go.id

- 7 Oktober 2021, 16:48 WIB
ILUSTRASI - Bantuan sosial Kemensos bansos sembako BPNT yang masih terus cair sampai dengan Desember 2021 dengan nominal Rp200 ribu per bulan.
ILUSTRASI - Bantuan sosial Kemensos bansos sembako BPNT yang masih terus cair sampai dengan Desember 2021 dengan nominal Rp200 ribu per bulan. /Instagram.com/@kemensosri

BERITA DIY - Kemensos membocorkan cara untuk mendapatkan bantuan sosial mulai atau bansos untuk masyarakat yang memiliki status kesejahteraan rendah. Salah satu bansos Kemensos yang masih cair adalah bansos Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

"Cara mendapatkan bantuan sosial, Sobat Sosial harus tahu dulu yang namanya DTKS .... DTKS memuat 40 persen penduduk yang mempunyai status kesejahteraan sosial rendah," tulis Kemensos dalam akun sorotan cerita instagram @kemensos.

Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) merupakan basis data dasar yang menjadi acuan Kemensos dalam menyalurkan bansos seperti bansos BPNTS dan bantuan lainnya. Meski demikian, masyarakat yang terdaftar di DTKS tidak secara otomatis bisa dapat bansos sembako BPNT.

Baca Juga: Cara Daftar DTKS Kemensos Agar Diusulkan Jadi Penerima Bansos Sembako BPNT dan Bantuan Lain Lewat Aplikasi

Alasan yang dikemukakan Kemensos ialah karena setiap program bansos memiliki syarat dan mekanisme masing-masing yang ditentukan oleh penyelenggara program sesuai dengan variabel yang dibutuhkan serta jumlah kuota yang tersedia.

Namun, keuntungan masyarakat yang sudah terdaftar di DTKS adalah dapat diusulkan untuk mendapatkan program bantuan sosial dan pemberdayaan pemerintah pusat maupun daerah.

Adapun cara untuk mendaftarkan diri agar terdata di laman DTKS saat ini dapat dilakukan via aplikasi Cek Bansos pada menu Usul. Artikel ini akan membahas mengenai panduan langkah-langkah untuk daftar DTKS.

Baca Juga: Bansos Kartu Sembako BPNT Disalurkan Pemerintah Bulan Oktober 2021, Cek Penerima Lewat Link Ini

Panduan cara daftar DTKS agar dapat bansos sembako BPNT adalah sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x