Cara Cek Bansos PKH dan BPNT Bulan Oktober 2021 di link cekbansos.kemensos.go.id

- 29 September 2021, 12:51 WIB
Cara cek penerima bansos PKH dan BPNT Oktober 2021 melalui link cekbansos.kemensos.go.id
Cara cek penerima bansos PKH dan BPNT Oktober 2021 melalui link cekbansos.kemensos.go.id /Tangkap layar cekbansos.kemensos.go.id

BERITA DIY – Pemerintah melalui Kementerian Sosial terus berupaya untuk memberikan bantuan kepada masyarakat. Salah dua bantuan yang diberikan adalah bansos PKH dan BPNT yang daftar penerimanya dapat dicek melalui link cekbansos.kemensos.go dengan cara berikut.

Bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program pemberian bantuan tunai bersyarat kepada keluarga kurang mampu yang terdapat pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan memiliki komponen sebagai syarat yang ditetapkan sebagai peserta PKH.

Bantuan ini disalurkan melalui empat tahap setiap triwulan atau pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Besaran bantuan yang diperoleh berbeda-beda untuk setiap kriteria kategori penerima bansos PKH, berikut rinciannya.

Baca Juga: Cara Daftar KPM Penerima Bansos PKH Online Melalui Aplikasi HP, Bantuan hingga Rp3 Juta Kemensos Dijamin Cair

  • Ibu Hamil: Rp3 juta per tahun
  • Anak Usia Dini: Rp3 juta per tahun
  • Anak SD: Rp900 ribu per tahun
  • Anak SMP: Rp1,5 juta per tahun
  • Anak SMA: Rp2 juta per tahun
  • Disabilitas: Rp2,4 juta per tahun
  • Lansia: Rp2,4 juta per tahun.

Sementara bansos program sembako Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan bantuan yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui uang elektronik setiap bulannya dan digunakan untuk membeli bahan pangan yang telah ditentukan di Elektronik Warung Gotong Royong atau e-Warong.

Besaran bantuan yang diberikan adalah sebesar Rp200 ribu per bulan dan disalurkan setiap bulan mulai dari bulan Januari hingga Desember 2021. Target sasaran penerima bansos BPNT ini adalah 18,8 KPM, sedangkan bansos PKH ditargetkan untuk 10 juta penerima.

Baca Juga: Cara Daftar Kuota Usulan Penerima Bansos Sembako BPNT Rp200 Ribu yang Disalurkan Sampai Desember 2021

Masyarakat dapat melakukan cek daftar penerima bansos PKH dan bansos BPNT yang akan disalurkan pada bulan Oktober 2021 mendatang melalui link cekbansos.kemensos.go.id dengan cara sebagai berikut.

  • Buka linkkemensos.go.id melalui browser di HP atau komputer
  • Masukan nama Provinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan, dan Desa atau Kelurahan sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Masukan nama lengkap sesuai dengan KTP.
  • Masukan kode verifikasi yang tertera, dan tekan ‘refresh’ jika kode yang muncul kurang jelas.
  • Tekan tombol ‘Cari Data’.

Tunggu hingga proses pencairan data selesai dan akan muncul status penerima bansos BPNT atau bansos PKH. Demikian cara cek penerima bansos PKH dan BPNT periode Oktober2021 melalui link cekbansos.kemensos.go.id dengan mudah.***

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x