Kasus Pinjol Terbaru: Bunga Tiba-tiba Naik dan DC ke Rumah usai Galbay, Pakai Pinjol OJK Ini Saja Belum Ada DC

- 9 Oktober 2023, 11:40 WIB
Kasus pinjol terbaru, bunga tiba-tiba naik dan DC ke rumah usai galbay, pakai pinjaman online ini saja belum ada debt collector.
Kasus pinjol terbaru, bunga tiba-tiba naik dan DC ke rumah usai galbay, pakai pinjaman online ini saja belum ada debt collector. /Ilustrasi PIXABAY/Fotorech

BERITA DIY- Simak informasi mengenai kasus pinjol terbaru, bunga tiba-tiba naik dan DC ke rumah usai galbay, pakai pinjaman online ini saja belum ada debt collector.

DC atau debt collector adalah sebuah permasalahan yang ditakuti oleh nasabah galbay pinjol atau pinjaman online, karena mereka bisa menyerbu rumah nasabah untuk menagih utang.

Atas hal tersebut, beredar di media sosial berbagai kasus pinjol, mulai dari didatangi DC yang tak beraturan hingga ada yang mengalami bunga pinjol tiba-tiba naik sehingga membuat nasabah kesusahan.

Padahal OJK atau Otoritas Jasa Keuangan sudah mengingatkan agar menggunakan pinjol legal berizin agar tidak terjadi kasus-kasus seperti itu yang bisa membahayakan.

Baca Juga: DC Pinjol Kredivo Kapan Datang ke Rumah usai Galbay? Ini Aturan Pencatatan Skor BI Checking Kredivo di OJK

Jika ada pinjol legal yang tidak konsisten mengenai bunga serta aturan lain yang dilanggar, nasabah berhak laporkan pihak tersebut ke OJK atau pihak berwajib.

Seagaimana diketahui, permasalahan utang pinjol bisa berimbas fatal jika terjadi peneroran DC atau debt collector yang berlebihan, karena ada beberapa kasus nasabah yang depresi dan berujung kehilangan nyawa.

Atas risiko yang besar itu sebaiknya pinjol atau pinjaman online baik legal OJK dan ilegal dihindari, usahakanlah meminjam uang dari orang terdekat tanpa adanya bunga.

Apabila tetap ingin menggunakannya, maka telaah terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang berlaku apabila terjadi galbay atau gagal bayar.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x