11 Makanan dan Buah Kaya Asam Folat Penting bagi Ibu Hamil dan Promil, Cegah Cacat Lahir pada Bayi

- 19 Juli 2022, 16:11 WIB
Ilustrasi - 11 makanan dan buah kaya asam folat penting bagi Ibu hamil dan promil untuk cegah cacat lahir pada bayi.
Ilustrasi - 11 makanan dan buah kaya asam folat penting bagi Ibu hamil dan promil untuk cegah cacat lahir pada bayi. /PIXABAY/StockSnap

BERITA DIY - Simak 11 makanan dan buah kaya asam folat penting bagi Ibu hamil dan wanita yang mengikuti promil untuk cegah cacat lahir pada bayi.

Asam folat merupakan vitamin B yang ditemukan di banyak suplemen dan makanan atau jenis buah tertentu. Mengkonsumsi asam folat sangat penting sebelum dan selama kehamilan.

Ini penting untuk perkembangan organ yang tepat dari bayi yang sedang berkembang. Oleh karena itu Ibu yang sedang melakukan program hamil (promil) dan Ibu hamil perlu ketahui makanan sumber asam folat.

Asam folat berperan untuk membuat sel-sel baru dan menghasilkan DNA. Jenis asam ini sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan normal sepanjang hidup Anda.

Baca Juga: Makanan Sumber Kolagen untuk Menjaga Kesehatan Kulit, Mengatasi Kerutan Wajah hingga Menjaga Kepadatan Tulang

Dalam penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi asam folat sebelum hamil dapat membantu mencegah cacat lahir, termasuk cacat tabung saraf yang serius seperti spina bifida, ensefalokel (jarang), dan anensefali.

Secara khusus, asam folat dapat mendukung pembelahan sel yang sehat dan mendorong pertumbuhan dan perkembangan janin yang tepat untuk mengurangi risiko cacat lahir.

Seorang Ibu wanita hamil harus mendapatkan setidaknya 600 mikrogram (mcg) asam folat setiap harinya. Anda juga dapat ditemui pada jenis makanan yang akan disebutkan berikutnya.

Sementara itu untuk Ibu yang mengikuti promil disarankan untuk mengonsumsi 400 mcg asam folat setiap hari, hal ini bertujuan untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x