Phubbing Adalah Apa? Ketahui Artinya, Gejala, dan Cara Menghindari Perilaku Anti Sosial Karena HP

- 8 Juni 2022, 18:02 WIB
Ilustrasi: Simak apa yang dimaksud dengan phubbing lengkap dengan gajala dan cara menghindarinya.
Ilustrasi: Simak apa yang dimaksud dengan phubbing lengkap dengan gajala dan cara menghindarinya. /PEXELS/ George Dolgikh @ Giftpundits.com

BERITA DIY – Arti dari phubbing adalah apa dan ketahui apa saja gejala serta cara menghindari perilaku anto sosial karena handphone (HP).

Salah satu hal buruk yang ditimbulkan HP yaitu phubbing atau bisa disebut perilaku anti sosial karena terlalu mementingkan HP ketika sedang diajak berkomunikasi dengan orang lain.

Perilaku phubbing bahkan dikategorikan sebagai perilaku snubbing atau cenderung menghina seseorang ketika sedang diajak berkomunikasi.

Baca Juga: Penjelasan dan 5 Ciri Mengenai Mommy Issues, Gangguan Emosi yang Lahir Karena Salah Asuh Saat Masa Kanak-kanak

Melansir laman healthline, pada sebuah studi menemukan ada lebih dari 17 persen orang melakukan phubbing kepada orang lain setidaknya empat kali dalam sehari.

Meski tidak berpengaruh besar, namun phubbing memengaruhi hubungan antara seseorang dengan orang lainnya, bahkan kepada mereka yang telah memiliki hubungan baik.

Masalah phubbing juga menjadi pengaruh yang besar terhadap konflik kehidupan pernikahan seseorang, dikarenakan kurangnya komunikasi dua arah antar pasangan.

Baca Juga: 6 Tanda Kucing Peliharaan Kamu Merasa Kesepian, Hewan Juga Punya Sisi Emosi Lho!

Secara tidak sadar, beberapa orang ternyata merupakan phubber (pelaku phubbing), karena secara terus menerus aktfif memperhatikan HP.

Berikut beberapa gejala yang sering tidak disadari ketika seseorang menjadi phubber atau melakukan phubbing pada seseorang:

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x