Kateter Urine Adalah Apa? Ini Jenis, Fungsi, Harga, dan Efek Samping Penggunaan Kateter Urine

- 3 Juni 2022, 18:48 WIB
Ilustrasi kateter urine adalah apa? Ini jenis, fungsi, harga, dan efek samping penggunaan kateter urine.
Ilustrasi kateter urine adalah apa? Ini jenis, fungsi, harga, dan efek samping penggunaan kateter urine. /PEXELS/@Rodnae Productions

BERITA DIY - Berikut ini penjelasan tentang apa itu kateter urine serta jenis, fungsi, harga, dan efek samping penggunaan kateter urine.

Kateter urine adalah selang yang dimasukkan ke dalam kandung kemih yang bertujuan untuk mengalirkan urine. Kateter urine terbuat dari bahan seperti silikon, latex. Plastic, dan logam.

Umumnya kateter urine diperlukan bagi pasien yang tidak dapat membuang air kecil sehingga tidak terjadi penumpukan pada kantong kemih sehingga dipasang kateter urine.

Baca Juga: Kateter Urin Adalah Apa? Ini Penggunaan Alat yang Dipasang oleh Mahasiswi Keperawatan Viral di TikTok

Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari tekanan pada ginjal yang dapat menyebabkan gagal ginjal yang berbahaya bagi kesehatan.

Dikutip dari Healthline, ada beberapa jenis kateter urine yang dipasangkan pada pasien sesuai dengan kebutuhannya masing-masing yaitu indwelling catheters, external catheters, dan short-term catheters.

1. Indwelling catheters atau kateter menetap

Kateter indwelling catheters juga dikenal dengan kateter foley dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang maupun singkat.

2. External catheters

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x