Apa Itu Wabah PMK pada Sapi di Yogyakarta dan Pengaruh Penyakit Mulut dan Kuku Hewan Ternak untuk Manusia

- 2 Juni 2022, 19:56 WIB
Ilustrasi mengenal apa itu wabah PMK pada sapi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan apa pengaruh penyakit mulut dan kuku hewan ternak untuk kesehatan manusia.
Ilustrasi mengenal apa itu wabah PMK pada sapi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan apa pengaruh penyakit mulut dan kuku hewan ternak untuk kesehatan manusia. /PEXELS/Jan Koetsier

BERITA DIY - Mengenal apa itu wabah PMK pada sapi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan apa pengaruh penyakit mulut dan kuku hewan ternak untuk kesehatan manusia.

Diketahui, wabah penyakit mulut dan kuku atau wabah PMK kini telah menyebar ke 16 provinsi di Indonesia, selain di Yogyakarta.

Wabah PMK pada hewan ternak ini terjadi kembali di Indonesia sejak 1990 dinyatakan bebas dari penyakit tersebut.

Baca Juga: Jelang Idul Adha: Kenali Gejala Ternak Terinfeksi Virus PMK, Penularan, Cara Pengobatan, dan Pengendalian

Lantas, apa itu wabah PMK?

Dilansir dari litbang.pertanian.go.id, penyakit mulut dan kuku dalam wabah PMK disebabkan oleh virus yang menular bernama Aphthovirus dari famili Picornaviridae.

Ada tujuh serotipe virus yang telah terdeteksi, yakni A, O, C, SAT1, SAT2, SAT3, dan Asia1. Diperlukan vaksin yang berbeda-beda tiap virus pada pemulihan hewan ternak.

Virus penyebab wabah PMK ini menyebar dengan cepat melalui napas, air liur, mukus, susu, dan feses.

Gejala penyakit PMK pada sapi atau hewan ternak lain adalah adanya blister atau kantung besar berisi air yang berkembang di kulit, jika pecah akan meninggalkan luka terbuka yang sangat perih.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x