Jelang Idul Adha: Kenali Gejala Ternak Terinfeksi Virus PMK, Penularan, Cara Pengobatan, dan Pengendalian

- 27 Mei 2022, 07:15 WIB
 Ilustrasi Jelang Idul Adha: kenali gejala ternak sudah infeksi virus PMK, penularan, cara pengobatan, dan pengendalian.
Ilustrasi Jelang Idul Adha: kenali gejala ternak sudah infeksi virus PMK, penularan, cara pengobatan, dan pengendalian. /PIXABAY/@milesz

BERITA DIY - Jelang Hari Raya Idul Adha kenali hewan ternak yang sudah terinfeksi virus penyakit mulut dan kuku (PMK), proses penularan, bagaimana cara pengobatan, dan pengendalian yang bisa dilakukan.

Seperti diketahui bahwa ketika umat Islam merayakan Hari Raya Idul Adha maka akan ada acara kurban menggunakan hewan ternak seperti sapi dan kambing.

Untuk itu sangat penting untuk mengetahui dan memastikan bahwa hewan yang akan digunakan untuk berkurban dalam kondisi sehat.

Baca Juga: Puan Maharani Desak Pemerintah Tangani Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku pada Hewan Jelang Idul Adha

PMK saat ini sedang terjadi di Indonesia dan menyerang hewan ternak seperti sapi, kerbau, dan kambing. PMP masuk dalam golongan penyakit akut menyebar melalui infeksi virus dan mudah menular.

Dikutip dari laman Universitas Diponegoro, PMK memiliki nama lain apthae epizootica (AE), foot and mouth disease (FMD) berukuran kecil kurang lebih 20 milimikron.

PMK bukan merupakan penyakit zoonosis atau tidak ditularkan ke manusia. Namun manusia dapat menjadi perantara atau penyebar PMK kepada hewan ternak.

Baca Juga: Idul Adha 2022 Berapa Hari Lagi dan Jatuh Tanggal Berapa? Ini Penjelasan NU dan Muhammadiyah

PMK merupakan salah satu penyakit hewan yang proses penularannya terjadi sangat cepat. Penyakit ini sangat diwaspadai karena dapat menimbulkan kerugian ekonomi yang cukup tinggi.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x