Idul Adha 2022 Berapa Hari Lagi dan Jatuh Tanggal Berapa? Ini Penjelasan NU dan Muhammadiyah

- 11 Mei 2022, 17:35 WIB
ILUSTRASI - Ketahui kapan tanggal Idul Adha 2022 pada 10 Zulhijah berapa hari lagi dan penjelasan rangkaian ibadah.
ILUSTRASI - Ketahui kapan tanggal Idul Adha 2022 pada 10 Zulhijah berapa hari lagi dan penjelasan rangkaian ibadah. /UNSPLASH/rumanamin

BERITA DIY - Inilah penjelasan mengenai Idul Adha 2022 berapa hari lagi dan jatuh pada tanggal berasa berdasarkan keterangan Muhammadiyah dan NU.

Dalam kalender Hijriyah salah satu peringatan hari besar yang diperingati oleh umat Islam terdapat beberapa, salah satunya adalah dengan memperingati Hari Raya Idul Adha.

Berdasarkan pada tanggal kalender Hijriyah sendiri Idul Adha diperingati yaitu bertepatan pada tanggal 10 Zulhijah sehubungan dengan sejarah peristiwa yang dialami oleh Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS.

Baca Juga: Bahan Pangan yang Bisa Buat Menurunkan Kolesterol Jahat dalam Tubuh Usai Makan Daging Kurban Idul Adha

Sedangkan mengenai kapan tanggal memperingati Idul Adha jika dihitung dengan penanggalan Masehi, maka dapat diketahui dari penjelasan organisasi keagamaan seperti Muhammadiyah dan NU.

Salah satu organisasi keagamaan di Indonesia telah merilis mengenai kapan tanggal memperingati Hari Raya Idul Adha pada tahun 2022 dengan keluarnya Maklumat Nomor 01/MLM/I.O/E/2022.

Isi dari maklumat yang dikeluarkan oleh Muhammadiyah tersebut salah satunya menginformasikan bahwa Idul Fitri akan jatuh pada 9 Juli 2022 mendatang atau kurang lebih 1,5 bulan lagi.

Baca Juga: Resep Membuat Beef Teriyaki ala Hokben Versi Rumahan, Olahan Daging Idul Adha Dijamin Enak!

Sedangkan dari organisasi keagamaan yaitu Nahdhatul Ulama atau NU hingga sampai saat ini belum dikeluarkannya mengenai penjelasan kapan tanggal memperingati Idul Adha.

Namun jika menilik dari Surat Keputusan Bersama atau SKB 3 Menteri, diketahui bahwa penetapan Libur Nasional dalam rangka memperingati tanggal 9 Juli 2022 mendatang.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x