Bahan Pangan yang Bisa Buat Menurunkan Kolesterol Jahat dalam Tubuh Usai Makan Daging Kurban Idul Adha

- 21 Juli 2021, 17:21 WIB
Ilustrasi: Kacang salah satu bahan pangan yang dapat menurunkan kolesterol jahat pada tubuh.
Ilustrasi: Kacang salah satu bahan pangan yang dapat menurunkan kolesterol jahat pada tubuh. /PIXABAY/ Heecehil

BERITA DIY - Berikut deretan bahan makanan yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Simak informasi selengkapnya di artikel ini.

Hari Raya Idul Adha 1442 H telah berlalu, prosesi kurban pun telah usai dilaksanakan. Tentunya Anda tengah menikmati berbagai olahan dari daing sapi maupun kambing/domba, bukan?

Tapi perlu diketahui bahwa mengonsumsi daging secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan, terlebih pada kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena daging sapi dan kambing, terutama pada bagian berlemak seperti jeroan, mengandung banyak kolesterol jahat yang berbahaya bagi tubuh.

Mengkonsumsi daging sapi/kambing berlebihan dapat menaikan kadar kolesterol jahat yang akan memicu munculnya berbagai penyakit berbahaya. 

Baca Juga: Tahukah Anda Ada Makanan yang Mampu Bantu Hilangkan Stres? Berikut 7 Daftarnya

Salah satu efek bahaya dari adanya kolesterol jahat dalam tubuh ialah berpotensi menyumbat pembuluh darah dan meningkatkan risiko terkena stroke atau penyakit jantung.

Namun, tingginya risiko kolesterol jahat pada daging tak lantas menjadi larangan mengonsumsinya sama sekali. Ada baiknya setelah mengonsumi berbagai olahan daging kurban Idul Adha seperti gulai, rendang, sate, semur dan lainya diimbangi dengan asupan makanan berikut untuk menurunkan kolesterol jahat.

Jika lazimnya seseorang menurunkan kolesterol menggunakan obat-obatan, kini tak lagi karena menurunkan kolesterol dapat dengan mengatur pola dan menu makanan.

Bahkan, terdapat beragam makanan yang jika dikonsumsi secara rutin dapat menjaga kadar kolesterol agar stabil bahkan menurunkannya. Bahan pangan tersebut tak asing dan mudah ditemui

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 3 bahan pangan yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh:

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x