Stunting adalah Apa, Ini Penjelasan dan Penyebab Terjadinya Stunting serta Cara Mengatasi Stunting

- 28 Mei 2022, 19:06 WIB
Ilustrasi, apa itu stunting? ini penjelasannya, penyebab terjadi stunting pada anak dan cara mengatasi agar tidak terjadi stunting.
Ilustrasi, apa itu stunting? ini penjelasannya, penyebab terjadi stunting pada anak dan cara mengatasi agar tidak terjadi stunting. /Pixabay/Bessi/

BERITA DIY - Simak stunting adalah apa mulai dari penjelasan dan penyebab terjadinya stunting serta cara mengatasi stunting pad anak.

Melihat tumbuh kembang anak merupakan hal luar biasa bagi orang tua, namun menjadi sebuah tanda tanya besar ketika pertumbuhan kembang anak tidak terlihat seperti normalnya.

Di waktu pertumbuhan anak tidak hanya dilihat dari pertambahan berat badan semata tetapi juga tinggi badan.

Baca Juga: Apa Itu Gucci Challenge, Penjelasan Tren TikTok Bertema Fashion yang Viral di Kalangan Artis dan Selebgram

Pasalnya, tinggi badan anak termasuk faktor yang menandai stunting dan menjadi penanda apakah nutrisi anak sudah tercukupi atau belum.

Melansir dari WHO, stunting merupakan gangguan tumbuh kembang yang dialami anak akibat gizi buruk, infeksi berulang, dan stimulasi psikososial yang tidak memadai.

Anak-anak didefinisikan sebagai stunting jika kondisi tinggi badan pada usia pertumbuhan kurang bila dibadingkan dengan umurnya.

Baca Juga: Arti Kata Istilah Jual Putus Pengadilan di Kasus Rezky Aditya dan Wenny Ariani, Apa Itu Artinya? Yuk Ketahui

Anak dengan stunting mengalami gangguan pertumbuan, sehingga menyebabkan tubuhnya lebih pendek ketimbang teman sebaya dan penyebab utama merupakan kekurangan gizi.

Mengutip dari website Our World in Data, stunting terjadi ketika seorang anak tidak memiliki nutrisi yang cukup untuk tumbuh dan berkembang.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah

Sumber: WHO Our World in Data


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x