Penjelasan dan 5 Ciri Mengenai Mommy Issues, Gangguan Emosi yang Lahir Karena Salah Asuh Saat Masa Kanak-kanak

- 23 Maret 2022, 16:05 WIB
Ilustrasi orang yang mengalami depresi. Berikut penjelasan dan ciri mommy issue, gangguan emosi yang diakibatkan oleh salah asuh atau kurangnya perhatian dari sisi ibu pada anak yang berpengaruh pada masalah psikis anak saat dewasa.
Ilustrasi orang yang mengalami depresi. Berikut penjelasan dan ciri mommy issue, gangguan emosi yang diakibatkan oleh salah asuh atau kurangnya perhatian dari sisi ibu pada anak yang berpengaruh pada masalah psikis anak saat dewasa. / PIXABAY/Anemone123

BERITA DIY – Simak penjelasan mengenai mommy issues, gangguan emosional yang lahir akibat salah asuh atau kurangnya perhatian yang diberikan oleh ibu saat masa kecil sehingga berpengaruh dalam psikologi anak saat dewasa.

Ibu adalah seorang pemberi kasih sayang yang penting pada masa tumbuh kembang anak. Sosok ibu sering kali lebih dekat dengan anak dibanding sosok ayah dalam perjalanan hidup seseorang.

Karena lebih sering berada di dekat anak, maka sedikit saja kesalahan atau salah asuh pada anak yang dilakukan oleh ibu, dapat berpengaruh pada emosi anak dan dapat berkembang menjadi sesuatu yang fatal.

Baca Juga: Berita Terkini Marc Marquez Usai Jatuh di MotoGP Mandalika: Alami Diplopia, Ini Penjelasan Tentang Penyakit

Salah satu permasalahan yang timbul akibat salah asuh atau kurang perhatian yang diberikan oleh seorang ibu adalah gangguan emosional yang disebut mommy issues.

Mommy issue adalah kondisi yang disebabkan oleh adanya permasalahan keterkaitan atau hubungan antara sang ibu dengan anak di masa mudanya. Menurut Healthline, hal itu bisa terjadi karena seorang anak tidak mendapatkan perlakuan baik dari sisi ibunya saat masa kanak-kanak.

Biasanya, hal ini diakibatkan oleh sang ibu yang melakukan tindakan yang dapat mencederai psikologis anak saat muda, seperti memanipulasi anak saat kecil, menyiksa secara fisik atau psikis, atau gagal untuk memberikan kasih sayang saat kecil.

Baca Juga: Fisura Ani Adalah Penyakit Apa? Berikut Pengertian, Penyebab, Gejala hingga Cara Pencegahan

Tindakan tersebut dapat berbekas di ingatan masa kecil, berada dalam alam bawah sadar, dan berpengaruh pada masa dewasa sang anak ketika dia menjalani hubungan.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x