Fisura Ani Adalah Penyakit Apa? Berikut Pengertian, Penyebab, Gejala hingga Cara Pencegahan

- 23 Maret 2022, 14:10 WIB
Ilustrasi penderita fisura ani, berikut pengertian penyakit, gejala, penyebba, hingga cara pencegahan.
Ilustrasi penderita fisura ani, berikut pengertian penyakit, gejala, penyebba, hingga cara pencegahan. /PEXELS/enginakyurt

BERITA DIY - Simak pengertian fisura ani adalah penyakit apa berikut pengertian, penyebab, gelaja, dan cara mengatasi atau pencegahan.

Baru-baru ini fisura ani trending di pencarian Google hari ini, Rabu, 23 Maret 2022. Tak banyak yang mengetahui bahwa istilah tersebut merupakan nama penyakit.

Adapun fisura ani tergolong sebagai penyakit langka di Indonesia. Berdasarkan informasi medis dari Google, gangguan ini rata-rata terjadi kepada 150 ribu penduduk Tanah Air setiap tahun.

Baca Juga: Marc Marquez Menderita Diplopia Usai Jatuh di Sirkuit Mandalika, Simak Penjelasannya di Sini

Dalam bahasa Inggris, fisura ani disebut sebagai 'anal fistula'. Adapun sebutan lain dalam bahasa Indonesia yakni fisura anus.

Dikutip dari situs my.clevelandclinic.org, fisura ani atau fistula anal adalah terowongan kecil yang menghubungkan kelenjar yang terinfeksi di dalam anus ke lubang pada kulit di sekitar anus.

Biasanya gejala yang dirasakan oleh penderita meliputi rasa sakit dan bengkak di sekitar anus yang merupakan lubang eksternal tempat feses dikeluarkan dari tubuh.

Baca Juga: Apa Itu Diplopia? Penyakit yang Diderita Marc Marquez Usai Jatuh di Sikuit Mandalika: Apa Bisa Disembuhkan?

Sementara itu kelenjar kecil yang membuat lendir terletak di dalam anus. Jika mengalami gangguan, kelenjar dapat tersumbat dan terinfeksi lalu menyebabkan abses. Lebih lanjut setengah dari abses ini dapat berkembang menjadi fistula.

Apa penyebab fisura ani?

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x