Apa Itu Herd Immunity? Benarkah Bisa Bikin Masyarakat Kebal Virus dan Penyakit Menular?

- 27 Februari 2022, 15:25 WIB
Apa itu herd immunity? Benarkah bisa bikin masyarakat kebal dari virus, termasuk Covid-19, dan kebal dari laju penyakit menular?
Apa itu herd immunity? Benarkah bisa bikin masyarakat kebal dari virus, termasuk Covid-19, dan kebal dari laju penyakit menular? /UNSPLASH/taiscaptures

BERITA DIY - Apa itu herd immunity? Benarkah bisa bikin masyarakat kebal dari virus, termasuk Covid-19, dan kebal dari laju penyakit menular?

Secara bahasa, herd immunity berarti kekebalan kelompok. Kebal dalam hal ini ialah kebal dari penularan dan infeksi lanjutan dari sebuah penyakit.

Menjelang pandemi covid-19 pada 2019 silam, banyak studi yang mulai mempelajari sistem kekebalan massal atau herd immunity ini.

Baca Juga: Gejala Omicron dan Cara Penanganannya, Vaksin Belum Sepenuhnya Efektif dalam Mencegah Infeksi Virus Ini?

Wajar saja, virus corona atau Covid-19 yang mulanya terdeteksi di Wuhan, Tiongkok, menyebabkan seluruh dunia melakukan lockdown hingga WHO menyatakan status pandemi.

Berbagai cara pun dilakukan demi membendung laju penularan Covid-19. Mulai dari physical distancing, membiasakan memakai masker, mencuci tangan, vaksinasi, hingga mulai membentuk herd immunity.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, infeksiemerging.kemkes.go.id, pada 27 Februari 2022, herd immunity dapat terjadi ketika sebagian besar dari populasi kebal terhadap suatu penyakit menular.

Baca Juga: Gejala Kena Virus COVID-19 Omicron Pada Anak dan Orang Dewasa: Flu dan Pusing Seperti Ini Harus Waspada

Contohnya ialah ketika 80 persen dari populasi suatu daerah sudah kebal dari virus Covid-19, maka empat dari lima orang yang saling bertemu tidak akan menularkan virus tersebut.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: WHO Kemenkes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x