Sejarah Peringatan Hari AIDS Sedunia yang Dilaksanakan 1 Desember 2021 dan Cara Mencegah Penularan Virus HIV

- 1 Desember 2021, 16:45 WIB
Ilustrasi orang yang mengindap sakit AIDS akibat penularan virus HIV, sejarah peringatan hari AIDS Sedunia tanggal 1 Desember 2021.
Ilustrasi orang yang mengindap sakit AIDS akibat penularan virus HIV, sejarah peringatan hari AIDS Sedunia tanggal 1 Desember 2021. /Pixabay/Bokskapet

BERITA DIY - Hari AIDS Sedunia diperingati pada tanggal 1 Desember setiap tahunnya oleh seluruh masyarakat global sebagai simbol memerangi wabah AIDS yang disebabkan oleh penularan virus HIV.

AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah kondisi di mana HIV sudah pada tahap infeksi akhir. Adapun AIDS disebabkan oleh inveksi HIV (Human Immunodeficiency Virus) yang merupakan nama virus penyerang sistem kekebalan tubuh.

Selain menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, HIV juga dapat melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi atau penyakit. AIDS adalah penyakit menular yang berbahaya sehingga penyakit ini diperingati dan menjadi hari HIV AIDS sebagai peringatan khusus.

Baca Juga: Sejarah dan Makna Peringatan Hari Hewan Sedunia, 4 Oktober 2021: Dorongan Perlindungan Hewan Secara Global

Artikel ini akan membahas mengenai sejarah peringatan hari AIDS, 1 Desember 2021 beserta cara untuk mencegah penularan virus HIV.

Sejarah Hari AIDS Sedunia 2021

Hari AIDS sedunia mulai diperingati sejak tahun 1988 atas gagasan dari tokoh penggiat perang terhadap AIDS yakni James W. Bunn dan Thomas Netter yang tidak lain menjabat sebagai pejabat informasi masyarakat untuk Program AIDS Global di WHO (World Health Organization), berpusat di Geneva, Swiss.

Sebelum mulai diperingati pada tahun 1988, ide Bunn dan Netter telah diutarakan pada tahun 1987 kepada Direktur Program AIDS Global atau UNAIDS, Dr. Jonathan Mann.

Pada mula usulannya, tanggal untuk memperingati hari AIDS sedunia belum ditentukan hingga muncul sebuah usulan tanggal 1 Desember sebagai hari AIDS sedunia dengan berbagai pertimbangan.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x