Gejala Omicron dan Cara Penanganannya, Vaksin Belum Sepenuhnya Efektif dalam Mencegah Infeksi Virus Ini?

- 21 Februari 2022, 13:05 WIB
Ilustrasi - Gejala Omicron dan cara penanganannya jika terinfeksi, vaksin belum sepenuhnya efektif dalam mencegah infeksi virus Ini?
Ilustrasi - Gejala Omicron dan cara penanganannya jika terinfeksi, vaksin belum sepenuhnya efektif dalam mencegah infeksi virus Ini? /pixabay.com/rottonara

BERITA DIY - Omicron merupakan virus covid-19 yang bermutasi dari varian sebelumnya. Berikut artikel yang akan membahas tentang gejala omicron, cara penanganan, dan efektifitas vaksin dalam upaya pencegahan terpapar virus ini.

Dilansir dari cdc.gov, menyatakan bahwa gejala yang ditunjukkan pada umumnya tidak separah dengan varian sebelumnya. Dalam beberapa penelitian menyatakan bahwa omicron menunjukkan gejala yang lebih ringan.

Sama seperti varian sebelumnya, orang yang memiliki penyakit bawaan seperti diabetes dan hipertensi mungkin akan merasakan gejala yang lebih parah. Untuk penanganannya, dibutuhkan perawatan intensif di rumah sakit.

Baca Juga: Kasus Omicron di Indonesia Meningkat, Ini 8 Gejala Omicron pada Orang Dewasa, Nomor 6 Sering Disepelekan

Sementara menurut verywelllhealt.com menyebutkan bahwa gejala omicron tetap berada pada saluran pernapasan. Seseorang yang terpapar omicron akan merasakan demam, nyeri otot, sakit tenggorokan, mual, dan diare.

Sampai sekarang, virus ini masih terus diproses untuk dikumpulkan data-data dan sampel virus yang ada. Eksperimen ilmiah terus berlangsung, hal tersebut merupakan cara untuk pencegahan apabila terjadi mutasi pada virus ini kedepannya.

Melansir dari laman yang sama, berikut pencegahan dari virus omicron:

1. Vaksin

Peneliti mengungkapkan bahwa vaksin sebenarnya tidak menjamin seratus persen orang akan terhindar dari virus omicron. Namun orang yang memiliki gejala yang parah hingga dirawat di rumah sakit rata-rata yang belum pernah mengikuti vaksinasi.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x