Jadwal Kapan Nuzulul Quran 17 Ramadhan 2002: Bacaan Doa, Keutamaan, Amalan Malam, Apa yang Harus Dilakukan

- 18 April 2022, 16:25 WIB
Ilustrasi jadwal kapan malam Nuzulul Quran lengkap dengan bacaan doa, keutamaan, amalan malam, hingga ibadah apa yang ahrus dilakukan.
Ilustrasi jadwal kapan malam Nuzulul Quran lengkap dengan bacaan doa, keutamaan, amalan malam, hingga ibadah apa yang ahrus dilakukan. //PIXABAY/hashem

BERITA DIY - Simak jadwal kapan Nuzulul Quran 17 Ramadhan 2022 lengkap dengan bacaan doa, keutamaan, amalan malam hingga ibadah apa yang harus dilakukan.

Setiap tanggal 17 Ramadhan merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Pasalnya ada peristiwa spesial yang disebut dengan malam Nuzulul Quran.

Umat Islam dianjurkan melakukan serangkaian ibadah hingga amalan dan membaca doa pada malam tersebut. Namun kapan jadwal Nuzulul Quran 17 Ramadhan 2022?

Baca Juga: Teks Ceramah Singkat Bulan Ramadhan Tema Nuzulul Quran 2022: Ayo Membaca Al-Quran

Menurut Departemen Agama Maluku Utara dikutip dari malut.kemenag.go.id, Nuzulul Quran adalah peristiwa turunnya Al-Quran pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW.

Banyak yang sepakat bahwa Nuzulul Quran terjadi pada malam ke-17 di bulan Ramadhan. Apabila menyesuikan dengan kalender Masehi tahun ini, maka jadwal malam Nuzulul Quran 17 Ramadhan 1443 H jatuh pada hari Selasa, 19 April 2022.

Sementara sejarah Nuzulul Quran bermula ketika Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama di Gua Hira, yaitu Surat Al-Alaq (ayat 1-5) melalui perantara Malaikat Jibril. 

Baca Juga: Lailatul Qadar dan Nuzulul Quran Adalah Apa? Ini Perbedaan dan Kapan Jadwal 2 Peristiwa Itu di Ramadhan 2022

Berikut bacaan Surat Al-Alaq ayat 1-5:

اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِيْ خَلَقَۚ - ١

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x