Doa Niat Zakat Fitrah Lengkap dengan Besaran yang Harus di Bayar di DKI Jakarta dan Jawa Barat

- 18 April 2022, 11:58 WIB
Ilustrasi bacaan niat doa zakat fitrah beserta besaran yang harus dibayar di wilayah DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat.
Ilustrasi bacaan niat doa zakat fitrah beserta besaran yang harus dibayar di wilayah DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat. /Pixabay.com/aieed

BERITA DIY - Simak doa niat zakat fitrah lengkap dengan besaran yang harus dibayar di wilayah DKI Jakarta hingga Kota dan Kabupaten di Provinsi Jawa Barat.

Selain ibadah puasa, zakat fitrah merupakan kewajiban bagi umat Islam yang mampu dan memenuhi syarat. Adapun pembayaran dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Ada doa niat tersendiri untuk melakukan zakat fitrah. Sejumlah daerah pun telah menetapkan besaran yang harus dibayar, di antaranya DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri, dan Seluruh Anggota Keluarga Lengkap Bacaan Arab, Latin, dan Artinya

Sebelum mengetahui besaran yang ditetapkan, berikut Al-Quran Surat At-Taubah ayat 103 yang menyatakan tentang keutamaan zakat:

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا 

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat tersebut engkau membersihkan dan mensucikan mereka.” (QS. At-Taubah: 103)

Dalam melaksanakan kewajiban membayar zakat fitrah, umat Muslim juga hendaknya membaca doa niat apakah untuk diri sendiri, istri, anak laki-laki, maupun anak perempuan.

Baca Juga: Bacaan Niat dan Doa Ijab Qobul Zakat Fitrah Diri Sendiri atau Mewakili Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

- Bacaan doa niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x