Bacaan Doa Berbuka Puasa Dzahabazh Sesuai Anjuran Rasulullah Lengkap Beserta Tulisan Arab, Latin, dan Arti

- 14 April 2022, 17:20 WIB
Ilustrasi. Bacaan doa buka puasa Dzahaba sesuai dengan sunah Rasulullah lengkap dengan tulisan Arab, latin, dan terjemahan arti bahasa Indonesia.
Ilustrasi. Bacaan doa buka puasa Dzahaba sesuai dengan sunah Rasulullah lengkap dengan tulisan Arab, latin, dan terjemahan arti bahasa Indonesia. /Pixabay/mohamed_hassan
BERITA DIY - Simak doa berbuka puasa Dzahabazh sesuai dengan sunah Rasulullah dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan arti.

Bacaan doa buka puasa Dzahabazh diucapkan seseorang ketika terbenamnya matahari untuk membatalkan ibadah puasanya.

Seorang muslim membaca doa buka puasa Dzahabazh ini menandakan bahwa dirinya telah membatalkan puasa dan telah hilang haus dahaganya.
 
Baca Juga: Buka Puasa Hari Ini 14 April 2022 di Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Bandung, Jakarta Disertai Doa Buka Puasa

Puasa Ramadhan telah menjadi suatu kewajiban bagi setiap umat islam untuk menahan hawa nafsu dan menghindari hal-hal yang bisa membatalkan puasa.

Ibadah puasa juga mengajarkan kita untuk selalu bersabar terhadap cobaan yang sedang dihadapi sesuai dengan hadist dibawah ini.

Rasulullah SAW bersabda, "Puasa adalah dengan menahan diri dari perkataan laghwu (ucapan sia-sia) dan rofats (ucapan keji atau jorok). Apabila ada seseorang yang mencelamu atau berbuat usil padamu, katakanlah padanya, “Aku sedang puasa".
 

Dengan puasa, Allah SWT akan memberikan ganjaran pahala khusus untuk seseorang yang berpuasa dan berbeda dengan ibadah lainnya.

Seperti hadist diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Rabb kalian berfirman, "Setiap kebaikan diberi pahala sebanyak 10 kali lipat hingga 700 kali lipat, sedangkan puasa untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan memberi pahala puasanya (tanpa batasan jumlah pahala)".

Berikut merupakan bacaan doa berbuka puasa Dzahabazh yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW:

Dari Ibnu Umar berkata, dahulu Rasulullah SAW apabila berbuka puasa, beliau mengucapkan: "Dzahabazh Zhoma'u Wabtallatil 'uruuqu Wa Tsabatil Ajru Insyaa-Allaah".
 
Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Jam Berapa Hari Ini 5 April 2022 di 34 Provinsi Indonesia? Doa Buka Puasa, dan Waktu Sholat

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتْ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

Dzahabazh Zhoma'u Wabtallatil 'uruuqu Wa Tsabatil Ajru Insyaa-Allaah

Artinya, "Telah hilang dahaga, dan telah basah tenggorokan, serta telah tetap pahala insya Allah."

Dengan membacakan doa berbuka puasa sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW, diharapkan mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Itulah bacaan doa buka puasa Dzahabazh sesuai sunah Rasulullah beserta tulisan Arab, latin, dan artinya.***

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x